Tinjaun Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf terhadap tugas Nazir dalam Mengelola Wakaf Produktif di Masjid Baitul Amin Desa Bader Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun

Nurcahyani, Narulita (2021) Tinjaun Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf terhadap tugas Nazir dalam Mengelola Wakaf Produktif di Masjid Baitul Amin Desa Bader Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
NARULITA UPLOAD.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurcahyani, Narulita. 2021. Tinjauan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf Terhadap Tugas Naz}ir Dalam Mengelola Wakaf Produktif Di Masjid Baitul Amin Desa Bader Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Miftahul Huda, M.Ag.
Kata Kunci/keywod : Naz}ir, Pengelolaan, Pemanfaatan Hasil.
Disamping sebagai salah satu aspek ajaran Islam yang berdimensi spiritual, wakaf juga merupakan ajaran yang penting bagi kesejahteraan ekonomi. Dalam kaitannya dengan wakaf, naz}ir merupakan salah satu peran sentral dalam pengurusan dan pengelolaan harta benda wakaf. Dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang wakaf, naz}ir memiliki beberapa kewajiban dalam melaksanakan tugasnya.
Berangkat latar belakang tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana tugas naz}ir dalam pengelolaan wakaf produktif di Majid Baitul Amin Desa Bader Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun dan pemanfaatan hasil dari pengelolaan wakaf produktif sesuai dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang wakaf.
Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penilitian field research (penelitian lapangan) yang hakekatnya merupakan metode untuk menemukan secara khusus dan realistis yang tengah terjadi pada masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan metode peneilitian pendekatan normatif yaitu penelitian hukum yang dikonsepkan sebagai apa yang yang tertulis dalam peraturan Undang-Undang (law in book) atau hukum dikonsepkan sebagai kaidah atau norma yang merupakan perilaku manusia yang dianggap pantas.
Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pengelolaan wakaf produktif di Desa Bader Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun wakaf sawah tersebut sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004. Karena hasil uang sewa tanah wakaf untuk peruntukan merenovasi masjid saja, dan hasil dari sawah itu diberikan kepada petani yang mengelola wakaf sawah itu sendiri, tetapi belum mencapai tujuan wakaf yang memberikan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan perekonomian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:15
Last Modified: 02 Jun 2021 02:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14596

Actions (login required)

View Item View Item