Pengaruh Blended Learning Model Flipeed Classroom dan Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqh Kelas VIII MTs Ma'arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Andini, Almia (2021) Pengaruh Blended Learning Model Flipeed Classroom dan Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqh Kelas VIII MTs Ma'arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317270_ALMIA ANDINI_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Andini, Almia. 2021. Pengaruh Blended Learning Model Flipped Classroom Dan Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas VIII Di Mts Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skipsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Insitut Agama Islam Negeri (IAIN ) Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci: Blended Learning Model Flipped Classroom, Kreativitas Guru, Motivasi Belajar Siswa

Terbukanya sumber belajar yang luas bagi siswa memberikan ruang kepada guru untuk beralih dari teacher centered learning menuju student centered learning. Hal ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran berbasis blended learning model flipped classroom yang memadukan pembelajaran online dirumah dan tatap muka di kelas. lembaga MTs Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo diharapakan dapat menerapkan pembelajara virtual dan online secara maksimal, sehingga siswa dapat berlatih dan bertindak aktif dalam meningkatkan motivasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengaruh blended learning model flipped classroom terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran fiqh di MTs Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo tahun ajaran 2020/2021. (2) mendeskripsikan pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran fiqh di MTs Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo tahun ajaran 2020/2021. (3) mendeskripsikan pengaruh blended learning model flipped classroom dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran fiqh di MTs Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo tahun ajaran 2020/2021
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan rumus regresi sederhana dan berganda. Dalam rancangan ini menggunakan 3 variabel sebagai objek penelitian, atau apa yang menjadi titik pusat perhatian suatu penelitian. variabel bebas adalah blended learning model flipped classroom (X1), dab kreativitas guru (X2) sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar siswa (Y)
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh antara blended learning model flipped classroom terhadap motivasi belajar siswa di MTs Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo dengan nilai F hitung = (23,483) > F tabel = (4,07). (2) Ada pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa di MTs Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo dengan nilai F hitung = (53,991) > F tabel = (4,07). (3) Ada pengaruh blended learning model flipped classroom dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa di MTs Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo dengan nilai F hitung = (26,793) > F tabel = (4,07).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:24
Last Modified: 02 Jun 2021 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14595

Actions (login required)

View Item View Item