..LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN YANG BERMATERAI BELUM ADA...Komitmen dalam Al-Qur'an (Kajian Tafsir Tematik)

Malik, Jamaluddin (2021) ..LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN YANG BERMATERAI BELUM ADA...Komitmen dalam Al-Qur'an (Kajian Tafsir Tematik). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Jamaluddin Malik.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Malik, Jamaluddin.2021.KOMITMEN DALAM AL-QUR’AN (KajianTafsir Tematik)Skripsi. Jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.Pembimbing Dr. Ahmad Munir, M.Ag

Kata Kunci: Komitmen, Motivasi
Komitmen dalam al-Qur’an merupakan perjanjian )keterikatan) untuk melakukan seuatu kontrakuntuk melakukan sesuatu dalam jangka panjang yang diwujudkan dalam bentuk tingkah laku atau sikap dan perilaku yang saling mendorong antara satu dengan yang lain

Fokus yang dikaji dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana pengungkapan komitmen dan penafsiran ayat-ayat komitmen dalam al-Qur’an? 2) bagaimana konsep komitmen dalam al- al-Qur’an?
Penulisan ini bersifat Penelitian Kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode tafsir tematik (maudu’i) milik al-Farmawi untuk menemukan maksud dalam al-Qur’an sesuai dengan tujuan tersebut. Penelitian ini dilakukandengan mengkaji secara mendalam terhadap data-data kepustakaan, baik yang primer maupun yang sekunder. Sedangkan analisa data dilakukan dengan menggunakan pendekatan ilmu tafsir.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen dalam al-Qur’an diungkapkan dengan tiga kata, yaitu wa’d,ahd dan mithaq. Ketiga kata tersebut mempunyai makna yang hampir sama, yakni janji dan perjanjian. Al-wa’d merupakan janji yang merupakan suatu keharusan yang sangat kokoh, Allah sangat sering menggunakan al-wa’d sebagai ancaman agar benar-benar menancap dalam hati para manusia. Al-‘Ahd atau pesan, yaitu wasiat dari Allah SWT untuk manusia yang berupa al-Qur’an sebagai pedoman hidup di dunia yang berisikan suatu wasiat dan petunjuk serta janji Allah, dimana manusia yang berbuat baik, maka akan mendapatkan kebaikan pula kelak di dunia dan di akhirat. Al-Mitsaq yang berarti perjanjian yang merupakan kebulatan tekad yangkukuh dan bersungguh-sungguh untuk memenuhi kewajiban dari sebuah akad (kontrak).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:18
Last Modified: 02 Jun 2021 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14593

Actions (login required)

View Item View Item