Kebijakan Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Kasus di SDN 1 Jetis Lor Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan)

Afatur, Ahmad (2021) Kebijakan Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Kasus di SDN 1 Jetis Lor Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan). Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
tesis ahmad afatur.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kebijakan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Sedangkan pembiayaan merupakan bagian terpenting dalam perencanaan dalam peningkatan mutu pendidikan. Berdasarkan peraturan pemerintahan pembiayaan dapat diperoleh melalui pemerintah, pemerintah masyarakat, bantuan pihak asing dan sumber lain yang sah. Maka dari itu, penelitian ini akan memaparkan : (1) perumusan kebijakan pembiayaan di SDN 1 Jetis Lor (2) pelaksanaan kebijakan Pembiayaan di SDN 1 Jetis Lor dan (3)evaluasi kebijakan pembiayaan di SDN 1 Jetis Lor. Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah sebagai beriikut: (1) Untuk menjelaskan perumusan kebijakan pembiayaan pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SDN 1 Jetis Lor. (2) Untuk menjelaskan pelaksanaan kebijakan pembiayaan pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SDN 1 Jetis Lor. (3) Untuk menjelaskan evaluasi Kebijakan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Yang diperoleh di SDN 1 Jetis Lor. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus dan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan: (1) rumusan kebijakan pembiayaanpendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDN 1 Jetis Lor dilakukan dengan melalui berbagaiagenda mulai dari perumusan kebijakan dengan melakukan analisis kebutuhan lembaga, agenda kebijakan dengan hasil analisis yang ada di lembaga, formulasi pelaksanaan yang dilakukan oleh komite dan kepala sekolah serta pengawasan dan evaluasi kebijakan pada setiap minggu dan tiga bulan sekali. (2) Pelaksanaan kebijakanpembiayaan pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran Di SDN 1 Jetis Lor dilakukan oleh guru kelas, guru mata pelajaran dan ahli khusus. (3) Evaluasi kebijakan pembiayaan dalam meningkatkan mutu pembelajarann di SDN 1 Jetis Lor dilakukan dengan menggunakan dua tahapan evaluasi yaitu evaluasi akhir pekan evaluasi setiap tiga bulan sekali.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:18
Last Modified: 02 Jun 2021 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14583

Actions (login required)

View Item View Item