Pendidikan Cinta Rasul Melalui Seni Hadroh Pada Remaja Masjid Dzinurrain di Dusun Genengan Desa Gontor

Amaliah, Hikmah Lailaturrizqi (2021) Pendidikan Cinta Rasul Melalui Seni Hadroh Pada Remaja Masjid Dzinurrain di Dusun Genengan Desa Gontor. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317096 HIKMAH LAILATURRIZQI AMALIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (949kB) | Preview

Abstract

Remaja masjid Dzinurrain di dusun Genengan desa Gontor telah melakukan Pendidikan cinta Rasul melalui seni hadroh. Seni hadroh ini telah berjalan sejak tiga tahun terakhir sampai sekarang yang dapat menjadikan remaja masjid memiliki pribadi yang lebih baik setiap harinya dalam kehidupan sehari-hari. Banyaknya fenomena yang membuat citra remaja menjadi kurang positif tidak dapat dibenarkan dengan adanya remaja masjid Dzinurrain yang terletak di perdesaan telah memiliki kegiatan positif yang tetap eksis ditengah era yang sekarang ini. Menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan keagaamaan masyarakat terutama remaja masjid dapat mempermudah dalam pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan, yang mana masjid merupakan sarana edukasi dan sosialisasi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi pendidikan cinta Rasul melalui seni hadroh pada remaja masjid Dzinurrain di dusun Genengan desa Gontor, (2) Mendeskripsikan strategi pendidikan cinta Rasul melalui seni hadroh pada remaja masjid Dzinurrain di dusun Genengan desa Gontor, dan (3) mendeskripskan kendala yang dihadapi dalam strategi pendidikan cinta Rasul melalui seni hadroh pada remaja masjid Dzinurrain di dusun Genengan desa Gontor.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Teknik analis data menggunakan konsep Miles Huberman dengan langkah-langkah yang pertama reduksi data, kedua penyajian data, dan yang ketiga adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan pembahasan dan temuan penelitian bahwa (1) dalam Pendidikan cinta Rasul pada remaja masjid Dzinurrain di dusun Genengan desa Gontor menggunakan strategi memprioritaskan Rasulullah sebagai utusan Allah SWT, melantunkan sholawat dan syair religi/ Islami, Obrolan ringan mengambil tema sikap mulia Rasulullah SAW seperti kisah perjuangan Nabi Ketika berdakwah, dan mengamalkan sunnah-sunnah Rasulullah SAW., (2) dampak dengan adanya Pendidikan cinta Rasul pada remaja masjid Dzinurrain adalah remaja masjid memilih lembaga pendidikan berbasis pondok pesantren tanpa paksaan, menyukai sholawat Nabi dan syair bernuansa religi dan Islami, Mengurangi kebiasaaan berkata kasar dan kotor, dan dapat meneladani sikap mulia Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari, (3) beberapa kendala yang dihadapi adalah ketidaksamarataan usia anggota yang menyebabkan terhentinya sejenak materi yang telah tersampaikan karena terjadi rekrutmen anggota dan harus mengulang materi yang telah tersampaikan waktu yang tidak pasti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:19
Last Modified: 02 Jun 2021 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14582

Actions (login required)

View Item View Item