Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Berbantuan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Rasional Peserta Didik Kelas VII Materi Pencemaran Lingkungan di MTS Ma’arif Al-Ishlah Bungkal

Isnain, Anita Septariani (2021) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Berbantuan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Rasional Peserta Didik Kelas VII Materi Pencemaran Lingkungan di MTS Ma’arif Al-Ishlah Bungkal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211317043_ANITA SEPTARIANI ISNAIN_TADRIS IPA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Isnain, Anita Septariani. 2021. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Rasional Peserta Didik Kelas VII Materi Pencemaran Lingkungan Di MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Edi Irawan, M.Pd.
Kata Kunci: Discovery-Inquiry, Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Rasional
Salah satu penyebab kurangnya kemampuan berpikir rasional siswa di MTs Ma’arif Al-Ishlah karena peserta didik kurang mampu untuk memecahkan masalah yang diberikan oleh guru. Model pembelajaran yang kurang bervariasi juga menjadi penyebab kemampuan berpikir rasional peserta didik belum berkembang secara baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Discovery-Inquiry berbantuan mind mapping di MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal dan 2) untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir rasional peserta didik kelas VII menggunakan model pembelajaran Discovery-Inquiry berbantuan mind mapping lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi pencemaran lingkungan di MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Discovery-Inquiry berbantuan mind mapping dan kelas VII C sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan tes pre test dan post test sebagai instrumen dalam pengumpulan data yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Pembelajaran dilakukan sebelum peneliti melakukan pre test dan pada akhir pembelajaran melakukan post test. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dan statistik menggunakan uji-t two-tailed dan uji t one-tailed yang sebelumnya sudah dilakukan uji normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran discovery-inquiry berbantuan mind mapping berjalan dengan baik sesuai dengan rencana. Dari hasil penelitian diketahui bahwa P-Value sebesar 0,008. Karena nilai P-Value tersebut kurang dari 0,05, maka dinyatakan Ho ditolak. Langkah yang dapat digunakan untuk mengetahui lebih baik mana antara kemampuan berpikir rasional peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dilihat dari hasil mean (rata-rata) antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil mean (rata-rata) di kelas eksperimen nilainya sebesar 67,8 sedangkan di kelas kontrol (mean) rata-rata nya sebesar 54,8. Kesimpulan tersebut diketahui bahwa kemampuan berpikir rasional peserta didik kelas VII menggunakan model pembelajaran Discovery-Inquiry berbantuan mind mapping lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi pencemaran lingkungan di MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Edi Irawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:20
Last Modified: 02 Jun 2021 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14581

Actions (login required)

View Item View Item