Nilai-Nilai Budi Pekerti dalam Film Animasi Cars dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Siswa SD/MI

Fatikhin, Muhammad Indra Khoirul (2021) Nilai-Nilai Budi Pekerti dalam Film Animasi Cars dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Siswa SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210617194 MUHAMMAD INDRA KHOIRUL FATIKHIN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia dikenal dunia sebagai negara yang kaya akan nilai-nilai karakter. Nilai-nilai tersebut diwariskan turun-temurun kepada generasi bangsa ini melalui keluarga, masyarakat, dan lembaga pendidikan. Orang yang mengamalkan nilai-nilai karakter yang baik disebut sebagai orang yang berbudi pekerti. Melihat kenyataan yang ada dalam kehidupan sekarang, Indonesia bisa dianggap sedang dilanda krisis karakter. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut pendidikan karakter mulai diperhatikan kembali. Penanaman nilai-nilai karakter telah dimulai sejak usia dasar, internalisasi nilai-nilai karakter siswa sekolah dasar bisa dilakukan melalui penggunaan sumber belajar. Sumber dan media belajar yang dirancang seperti buku panduan, video pendidikan, buku cerita, novel, dan film pendidikan. Film animasi adalah salah satu media yang mudah diterima oleh anak. Film animasi yang dapat menunjukkan pendidikan karakter adalah film animasi Cars.
Tujuan penelitian ini (1) untuk mendeskripsikan nilai-nilai budi pekerti dalam film Cars disutradarai oleh John Lasseter produksi Pixar Animation Studios, dan (2) untuk menjelaskan nilai-nilai budi pekerti dalam film Cars serta relevansinya dengan pendidikan karakter bersahabat dan bertanggung jawab bagi siswa tingkat Sekolah Dasar.
Data penelitian ini disusun menggunakan pendekatan penelitian library research (kepustakaan) dengan teknik analisis isi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah film Cars. Penelitian ini menggunakan dokumentasi untuk mengumpulkan data.
Berdasarkan analisis data-data pada film animasi Cars terdapat beberapa relevansi antara nilai-nilai budi pekerti dengan pendidikan karakter bersahabat dalam film yaitu; dua orang tokoh yang saling terbuka mengenai kemampuan masing-masing, menceritakan pengalaman rahasia, dan saling mengakui bahwa keduanya merupakan sahabat terbaik. Serta terdapat nilai-nilai pendidikan karakter bertanggung jawab dalam film yaitu; mengerjakan tugas yang menjadi kewajiban sebab telah melakukan kesalahan. Tugas harus dikerjakan sebagai bentuk tanggung jawab seseorang dengan lingkungannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuenti Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:25
Last Modified: 02 Jun 2021 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14580

Actions (login required)

View Item View Item