Penanaman Sikap Toleransi Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Sosiologi Di Mts Negeri 6 Ponorogo

Bima Saputro, Maraden (2021) Penanaman Sikap Toleransi Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Sosiologi Di Mts Negeri 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417048_MARADEN BIMA SAPUTRO_IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bima Saputro, Maraden. 2021. Penanaman Sikap Toleransi Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Sosiologi di MTs Negeri 6 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Widda Djuhan, S.Ag., M.Si.
Kata Kunci : Sikap Toleransi Sosial, Sosiologi
Guru memegang peranan strategis sebagai pendidik khususnya dalam upaya mencetak bangsa melalui pembelajaran, demikian dalam hal menanamkan sikap toleransi pada siswanya. Sikap toleransi perlu ditanamkan guna menciptakan persatuan dan kedamaian agar siswa dapat menerima, menghormati keragaman dan perbedaan yang ada di Indonesia terutama di lingkungan sekolah. Pembelajaran sosiologi memang direncang untuk mengembangkan sebuah pengetahuan dan pemahaman terhadap kondisi sosial masyarakat yang selalu dinamis. Selama kegiatan pembelajaran di MTs Negeri 6 Ponorogo ditemukan beberapa kejadian kurangnya sikap menghormati atau bertoleransi seperti: siswa seperti jahil, suka membully, mencela, kemudian lemah dalam konsentrasi, memanfaatkan mendapati keakraban dengan guru, ramai ketika guru menjelaskan materi pembelajaran di kelas, keluar kelas sebelum pembelajaran selesai, sering memotong pembicaraan teman, ada juga ketika seseorang siswa ingin menyampaikan pendapatnya malah justru sebagian dari mereka memilih untuk menggobrol sendiri dengan temanya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai implementasi toleransi sosial pada pada siswa.Selain itu, juga untuk mengetahui sebuah hasil yang tercermin dari sikap toleransi yang ditanamkan oleh siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu peneliti sebagai sumber utama penelitian dalam proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif, dengan menggunakan konsep Miles dan hubermen dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil analisisditemukan bahwa sikap toleransi yang ditanamkan adalah berkaitan dengan nilai saling tolong menolong, gotong royong, bermusyawarah, saling menghormati, dan saling mengenal siapupun. Sebenarnya disekolahan juga membiasakan mereka untuk sholat dhuha selekasnya bimbingan mengaji, menghafal surat-surat pendek. Kemudian sikap toleransi yang tercermin di MTs Negeri 6 Ponorogo yakni siswa sudah mampu mencontoh sikap-sikap yang baik. Upaya guru mata pelajaran IPS dalam menanamkan sikap toleransi sosial yaitu melalui metode kontekstual yang dimana guru mengkaitkan antara materi yang dipelajarinya dengan situasi nayata dalam keseharian siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:50
Last Modified: 02 Jun 2021 03:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14574

Actions (login required)

View Item View Item