SELF ESTEEM MAHASISWA ANGGOTA ORGANISASI EKSTRA KAMPUS STUDI KASUS PMII RAYON FARID ESACK KOMISARIAT IAIN PONOROGO

IZZATI, LUTFIAH UDAIMATUNNUR (2021) SELF ESTEEM MAHASISWA ANGGOTA ORGANISASI EKSTRA KAMPUS STUDI KASUS PMII RAYON FARID ESACK KOMISARIAT IAIN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211516061_LUTFIAH UDAIMATUNNUR IZZATI_BPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Izzati, Lutfiah Udaimatunnur. 2021. Self-esteem Mahasiswa Anggota Organisasi Ekstra Kampus (studi kasus PMII Rayon Farid Esack Komisariat IAIN Ponorogo). Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, pembimbing Lia Amalia, S.Ag., M.Si.

Kata kunci: Self-esteem mahasiswa, Oraganisasi ekstra kampus PMII
Permasalahan umum yang diangkat oleh peneliti adalah tentang fenomena yang terjadi yaitu mengenai perbedaan penghargaan diri mahasiswa yang mengikuti organisasi ekstra kampus PMII seperti rasa percaya diri, keberhargaan diri individu, dan penerimaan diri individu itu sendiri sehingga mendorong peneliti untuk meneliti, melihat dan memaparkan tentang self-esteem mahasiswa anggota organisasi ekstra kampus PMII.

Masalah penelitian akan dirumuskan kedalam dua rumusan masalah yakni: pertama, Bagaimana gamabaran self-esteem pada mahasiswa yang mengikuti organisasi esktra kampus PMII? kedua, Bagaimana peran PMII dalam perkembangan self-esteem mahasiswa? Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan meggunakan Pendekatan jenis kelaitatif deskriptif. Sumber data berasal dari data lapangan sebagai data primer dan literatus sebagai data sekunder. Dalam pengambilan data subjek peneliti menggunakan metode Purposive Sampling, dimana teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisa data, penyajian data dan verifikasi.

Setelah peneliti melakukan penelitian di atas, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gambaran self-esteem pada mahasiswa yang mengikuti organisasi esktra kampus terbagi menjadi dua yaitu self-esteem tinggi dan self-esteem rendah. Mahasiswa dengan self-esteem tinggi cenderung memiliki kepercayaan diri yang baik, menerima dirinya apa adanya, optimis, dan bisa menilai dirinya secara baik dan benar. Tetapi ada juga mahasiswa yang masih berada difase memiliki self-esteem rendah yang cenderung kurang memiliki rasa percaya diri, kurang yakin kepada kemampuan yang dimilikinya, pesimis, dan kurang mampu menilai dirinya sendiri. Hasil dari penelitian ini adalah self-esteem mahasiswa anggota organisasi ekstra kampus PMII Rayon Farid Esack Komisariat IAIN Ponorogo yang aktif dalam berorganisasi adalah mahasiswa yang memiliki self-esteem yang tinggi dan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:49
Last Modified: 02 Jun 2021 07:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14570

Actions (login required)

View Item View Item