Implementasi Model Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Dolopo Madiun

Saputro, Yusron Rizqi (2021) Implementasi Model Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Dolopo Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317042_YUSRON RIZQI SAPUTRO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saputro, Yusron Rizqi. 2021. Implementasi Model Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Dolopo Madiun. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Sugiyar, M.Pd.I.
Kata kunci: Implementasi, Model Blended Learning, PAIBP.
Pada Tahun 2021 ini hampir seluruh dunia mengalami wabah Covid-19. Adanya pandemi Covid-19 ini berdampak buruk pada berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan. Pembelajaran tatap muka diganti dengan pembelajaran daring. Setelah berjalan kira-kira 1 tahun dengan menggunakan pembelajaran daring, pada era New Normal ini sebagian sekolah di Indonesia kembali menerapkan sistem pembelajaran luring. Pemerintah memberi izin kepada sebagian sekolah yang kembali menggunakan sistem pembelajaran tatap muka atau luring dengan syarat harus mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Dengan penggunaan metode ini diharapkan dapat memperbaiki kondisi pendidikan saat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menjelaskan bagaimana implementasi model blended learning dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo Madiun, (2) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat implementasi model blended learning dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo Madiun, (3) Untuk menjelaskan dampak dari implementasi model blended learning dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo Madiun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kondensasi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitiannya yaitu: (1) Pelaksanaan pembelajaran luring di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo menggunakan metode ceramah dan metode demonstrasi Sedangkan pembelajaran daring di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo menggunakan aplikasi yang sudah dipatenkan dari sekolah yaitu Google Classroom. Akan tetapi, guru tidak diwajibkan hanya menggunakan aplikasi tersebut, melainkan boleh menggunakan aplikasi lain seperti Youtube, Zoom, dan Google Meet. (2) Faktor pendukung implementasi model blended learning diantaranya; sarana dan prasarana yang memadai, penggunaan metode, serta penggunaan aplikasi yang tepat dalam pembelajaran daring. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masalah jaringam internet. (3) Dampak yang ditimbulkan dari implementasi model blended learning di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo adalah meningkatnya motivasi belajar siswa khususnya dalam pembelajaran PAIBP.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:25
Last Modified: 02 Jun 2021 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14563

Actions (login required)

View Item View Item