Teori Behaviorisme Ivan Petrovich Pavlov Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Pratiwi, Intan (2021) Teori Behaviorisme Ivan Petrovich Pavlov Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316307 INTAN PRATIWI PAI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pratiwi, Intan. 2021. Teori Behaviorisme Ivan Petrovich Pavlov dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci : Behaviorisme, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.
Pendidikan agama Islam sangat mengutamakan pembentukan tingkah laku yang baik. Akan tetapi dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam masih sering terdengar stigma tolak ukur pencapaian pembelajaran yang belum tercapai secara maksimal. Oleh karena itu, untuk mewujudkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang efektif dan efisien, diperlukan adanya pendekatan dan teknik pembelajaran yang relevan dan sejalan dengan pendidikan agama Islam. Teori behaviorisme merupakan salah satu aliran psikologi yang dapat membantu efektivitas dalam belajar. Dengan mengimplementasikan teori behaviorisme Ivan Pavlov dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, dirasa dapat membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan teori behaviorisme menurut Ivan Petrovich Pavlov, (2) mendeskripsikan implementasi teori behaviorisme menurut Ivan Petrovich Pavlov dalam pembelajaran pendidikan agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian library research atau penelitian telaah pustaka. Sumber data penelitian ini adalah Condititioned Reflexes and Psychiatry milik Ivan Petrovich Pavlov, buku Exploring The Mysteries of Behavior ; Ivan Pavlov milik Barbara R. Saunders, dan buku Conditioned Reflexes An Investigation The Physological milik Ivan Petrovich Pavlov, serta buku-buku sekunder yang berkaitan dengan behaviorisme Ivan Petrovich Pavlov dan buku yang berkaitan dengan pendidikan agama Islam.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) Behaviorisme merupakan teori belajar yang menekankan pada aspek pembentukan tingkah laku yang meliputi stimulus dan respons yang dapat mempengaruhi perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar dan lebih mengutamakan latihan-latihan atau pembiasaan dalam proses pembelajaran. (2) Teori classical conditioning mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembelajaran, karena teori ini memberikan konsep dan hukum yang relevan dan sejalan dengan pembelajaran pendidikan agama Islam. Dengan adanya konsep pemerolehan, pemusnahan, generalisasi dan diskriminasi serta hukum-hukum classical conditioning yaitu hukum Law Of Respondent Conditioning dan Law Of Respondent Extinction, dsangat membantu dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:37
Last Modified: 02 Jun 2021 03:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14562

Actions (login required)

View Item View Item