Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI Ma'Arif Ngrupit Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Sari, Galuh Dewi Akbar (2021) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI Ma'Arif Ngrupit Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210617024_GALUH DEWI AKBAR SARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sari, Galuh Dewi Akbar. 2021. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI Ma’Arif Ngrupit Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2020, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Faklutas Terbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ulum Fatmahanik, M.Pd.

Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Self Regulated Learning , dan Hasil belajar.

Dalam proses pembelajaran di sekolah, tidak sedikit siswa yang mempunyai hasil belajar yang rendah. Salah satunya disebabkan oleh lingkungan keluarga, kondisi keluarga yang harmonis dan perhatian akan mendorong anak giat belajar yang pada akhirnya akan mencapai hasil belajar yang optimal. Begitu pula dengan kesiapan siswa merencanakan diri dalam mempersiapkan pembelajaran, siswa yang memiliki self regulated learning akan menyusun dan memilih untuk berpartisipasi dalam lingkungan yang mendukung proses belajar.
Tujuan penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV, 2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara self regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV, 3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan self regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian expost facto. Dengan sampel penelitian siswa kelas IV sebanyak 50 responden. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan rumus Regresi Linear Sederhana dan Regresi Linear Berganda.
Hasil analisis data ditemukan: 1) ada pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV sebesar 27%, 2) ada pengaruh antara self regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV konstribusi sebesar 16%, dan 3) ada pengaruh antara lingkungan keluarga dan self regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV sebesar 33%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:45
Last Modified: 02 Jun 2021 03:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14560

Actions (login required)

View Item View Item