Implementasi Program Taman Bacaan Desa Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Mojorejo Jetis Ponorogo

Ramadhani, Nofa Wardah Ayu (2021) Implementasi Program Taman Bacaan Desa Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Mojorejo Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617001_Nofa Wardah Ayu Ramadhani_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Taman Bacaan merupakan tempat yang mengoleksi berbagai bahan bacaan dan memiliki kepedulian terhadap literasi terutama bagi para pengunjungnya. Budaya literasi perlu selalu ditingkatkan seiring berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi. Sasaran utama pelaksanaan program ini adalah anak usia dasar yang perlu digalakkan sejak dini tentang budaya literasi agar tidak terlena dan kecanduan akan kecanggihan teknologi.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) strategi yang dilakukan taman bacaan desa Mojorejo dalam meningkatkan budaya literasi anak usia sekolah dasar (2) hasil penerapan strategi yang dilakukan taman bacaan desa Mojorejo dalam meningkatkan budaya literasi anak usia sekolah dasar (3) faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi yang dilakukan taman bacaan desa Mojorejo dalam meningkatkan budaya literasi anak usia sekolah dasar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Adapun hasilnya adalah: (1) strategi yang diterapkan Taman Bacaan untuk meningkatkan budaya literasi sangat beragam, yaitu membuka lapak baca, menyediakan berbagai bahan bacaan, mengadakan kegiatan-kegiatan yang menarik di setiap edisinya, memfasilitasi bakat dan minat anak-anak, bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, memberikan apresiasi kepada para pengunjung dan juga memberikan pelayanaan yang terbaik; (2) Strategi Taman Bacaan mampu menumbuhkan kebiasaan gemar membaca, meningkatkan animo anak-anak untuk rutin berkunjung ke Taman Bacaan, mulai tumbuhnya gemar membaca, anak-anak menjadi terampil dan senang berkreasi, serta mempererat persaudaraan antar anak-anak desa Mojorejo; (3) Penghambat tumbuh kembang Taman Bacaan diakibatkan oleh kondisi wilayah selama masa pandemi, minimnya dana donasi, koleksi buku bacaan yang masih minim, dan belum adanya basecamp khusus Taman Bacaan. Adapun perkembangan Taman Bacaan didukung oleh antusiasme anak-anak berkunjung ke Taman Bacaan, adanya dukungan pemerintah desa Mojorejo, dan dukungan dari orang tua pengunjung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Esti Yuli Widayanti
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:34
Last Modified: 02 Jun 2021 03:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14558

Actions (login required)

View Item View Item