PEMBELAJARAN DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-QALAM AYAT 1 DAN 4 MENURUT TAFSIR AL-MISHBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB

Sari, Anggita Mafinda (2021) PEMBELAJARAN DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-QALAM AYAT 1 DAN 4 MENURUT TAFSIR AL-MISHBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317073_ANGGITA MAFINDA SARI_REVISI - Copy (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sari, Anggita Mafinda. 2021. Pembelajaran Dalam Al-Qur’an Surah Al-Qalam Ayat 1 Dan 4 Menurut Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag.

Kata kunci : Pembelajaran, Surat Al-Qalam, dan Tafsir Al-Mishbah
Pembelajaran perlu memberdayakan semua potensi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang diharapkan, mendorong pencapaian kompetensi, dan perilaku khusus supaya setiap individu mampu menjadi pembelajar dan mewujudkan masyarakat belajar. Seorang guru harus mampu menentukan tujuan, metode, dan media yang tepat dalam proses belajar mengajar sesuai dengan karakter peserta didik dengan berbagai kondisi apapun. Karena dalam pemilihan tujuan, metode dan media pembelajaran yang tepat dapat menentukan berhasil atau tidaknya proses pembelajaran. Sebagaimana yang telah disinggung dalam Surat Al-Qalam ayat 1 dan 4 menurut Tafsir al-Mishbah.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan tujuan pembelajaran dalam Al-Qur’an Surat Al-Qalam ayat 1 dan 4 menurut tafsir al-Mishbah karya Quraish Shihab (2) Untuk menjelaskan metode pembelajaran dalam Al-Qur’an Surat Al-Qalam ayat 1 dan 4 menurut tafsir al-Mishbah karya Quraish Shihab (3) Untuk menjelaskan media pembelajaran dalam Al-Qur’an Surat Al-Qalam ayat 1 dan 4 menurut tafsir al-Mishbah karya Quraish Shihab.
Penelitian ini dikategorikan dalam jenis penelitian kepustakaan (library research) atau “kualitatif literal”. Oleh karena itu teknik pengumpulan data yang tepat pada penelitian ini adalah kepustakaan yaitu teknik yang digunakan dalam pengumpulan data literer yang berarti mengumpulkan bahan-bahan pustaka yang berhubungan dengan objek pembahasan yang dimaksud. Dalam menganalisis data yang telah diperoleh tersebut adalah metode content Analysis atau biasa disebut dengan istilah “analisis isi”.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Tujuan pembelajaran yang terdapat pada ayat pertama adalah Mengarah pada ranah atau domain kognitif yang menekankan pada aspek intelektual. Dan Tujuan pembelajaran yang terdapat pada ayat keempat adalah Mengarah pada ranah atau domain afektif yang menekankan pada sikap dan perilaku. (2) Metode pembelajaran dalam Al-Qur’an surat Al-Qalam ayat 4 menurut tafsir Al-Mishbah karya M. Quraish Shihab adalah Metode keteladanan atau pemberian contoh yang baik yaitu akhlak yang terwujud dalam cara seseorang bertingkah laku atau bersikap. (3) Media pembelajaran dalam Al-Qur’an surat Al-Qalam ayat 1 menurut tafsir Al-Mishbah karya M. Quraish Shihab, adalah Media penyaji informasi atau media seperti komputer CAI (pembelajaran berbantuan komputer) dan CBI (Pembelajaran berbasis komputer).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu’man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:29
Last Modified: 02 Jun 2021 03:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14544

Actions (login required)

View Item View Item