Studi Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-Barzanji Karya Syekh Ja'far Al-Barzanji

Sari, Silfi Indah (2021) Studi Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-Barzanji Karya Syekh Ja'far Al-Barzanji. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317260_Silfi Indah Sari_PAI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Problematika akhlak senantiasa mewarnai kehidupan manusia dari masa ke masa. Seiring dengan gelombang kehidupan ini, dalam kurun waktu dan tempat tertentu muncul tokoh yang memperjuangkan tegaknya nilai-nilai akhlak. Termasuk didalamnya rasul dan utusan Allah SWT, khususnya Rasulullah, yang memiliki tugas dan misi utama untuk menegakkan nilai-nilai akhlak. Kitab al-Barzanji adalah kitab yang membahas tentang kehidupan dan akhlak Rasulullah Saw. menurut peneliti kitab ini dapat memperbaiki kemerosotan nilai akhlak saat ini maka dari itu peneliti meneliti kitab al-Barzanji. Berdasarkan latarbelakang tersebut perlu dicari untuk mengetahui nilai-nilai baru mengenai nilai-nilai pendidikan akhlak dalam suatu kitab.
Dalam kitab al-Barzanji ini kita dapat mengambil nilai-nilai pendidikan akhlak, maka Peneliti mengkaji: (1) nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab al-Barzanji karya Syekh Ja’far al-Barzanji. yang bertujuan untuk: mengetahui konsep dasar yang digambarkan oleh Syaikh Ja’far al-Barzanji dalam kitab al-Barzanji, mengetahui isi kitab al-Barzanji, menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad sebagai bentuk perintah Allah untuk mencintai utusan-Nya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan (library research) yaitu: telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaah kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Sumber yang diteliti adalah kitab al-Barzanji karya Syekh Ja’far al-Barzanji sebagai sumber primer kemudian dipadukan dengan sumber sekunder yang mendukung dengan judul skripsi ini yaitu al-Qur’an, Hadist, dan buku-buku lainnya.
Hasil penelitian ini, nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab al-Barzanji yaitu: perintah untuk menjaga keimanan dengan taat kepada Allah dan menjauhi larangan-Nya, menjaga akhlak dalam setiap pergaulan baik dalam bergaul kepada keluarga, maupun orang lain, berbakti kepada orang tua dengan jalan mengormati, memuliakan dan mematuhi perintahnya, dalam berkeluarga hendaknya suami dan istri saling memahami hak dan kewajiban masing-masing untuk mencapai tujuan yang diinginkan, memberikan pendidikan anak dengan pendidikan yang baik supaya mereka menjadi anak yang bermanfaat didunia maupun diakhirat, bersabar dalam menghadapi musibah, akhlak dalam memilih pasangan (wanita boleh memilih pasangan yang diinginkan), bijaksana dalam mengambil keputusan, senantiasa menyebarkan kebaikan baik itu dengan lisan, perbuatan maupun dengan hati, dan bersikap jujur dalam menyampaikan segala sesuatu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:28
Last Modified: 02 Jun 2021 03:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14543

Actions (login required)

View Item View Item