Hubungan Sikap Spiritual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP N 1 Ngadirojo Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021

Izza, Fitratul (2021) Hubungan Sikap Spiritual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP N 1 Ngadirojo Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
FITRATUL IZZA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Izza, Fitratul. 2021. Skripsi. Hubungan Sikap Spiritual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMPN 1 Ngadirojo Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Arif Wibowo M. Pd. I
Kata Kunci: Hubungan, Sikap Spiritual, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Hasil belajar Pendidikan Agama Islam merupakan puncak dari suatu proses pembelajaran mata pelajaran PAI. Hasil belajar PAI yang didapat oleh peserta didik berbeda beda ada yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan ada yang belum memenuhi. Di salah satu Lembaga sekolah, SMPN 1 Ngadirojo yang mana dilihat dari penelitian penulis. Bahwa terdapat banyak peserta didik yang memiliki hasil belajar PAI yang dibawah rata rata. Karena disebabkan kurang belajar ataupun kurang fokusnya peserta didik dalam memahami materi yang diberikan oleh guru pendidik. Seharusnya peserta didik lebih bersungguh sungguh dalam belajar, mengulan kembali materi yang telah diberikan oleh guru pendidik dan juga percaya adanya pertolongan yang telah diberikan oleh Allah SWT maka dari itu peserta didik lebih giat lagi untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebagaimana sikap spiritual yang dimiliki oleh peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran PAI dan mengetahui adanya hubungan sikap spiritual terhadap hasil belajar PAI kelas VIII SMP N 1 Ngadirojo tahun pelajaran 2020/2021.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk mengumpulkan data menggunakan metode wawancara dan angket. Disini wawancara digunakan untuk mengetahui pemaparan dari guru bidang study PAI kelas VIII. Angket tersebut akan dibagikan kepada 57 responden yang digunakan untuk mengetahui sebagaiman sikap spiritual yang dimiliki oleh peserta didik. Yang nantinya akan dikaitkan dengan rumusan masalah yang kedua yakni adakah hubungan antara sikap spiritual dan hasil belajar PAI.
Berdasarkan analisis data dapat dipaparkan sikap spiritual peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran PAI tahun pelajaran 2020/2021 berkategori sedang yang mana ditandai dengan prosentase 80,7%. Untuk melihat hubungan sikap spiritual terhadap hasil belajar PAI kelas VIII SMP N 1 Ngadirojo disini menggunkan rumus SPSS yang mana uji korelasi person yang telah dihasilkan data bahwa tidak ada hubungan signifikansi sikap spiritual terhadap hasil belajar PAI kelas VIII SMP N 1 Ngadirojo tahun pelajaran 2020/2021 yang ditandai dengan nilai signifikansi 0,136 > 0,05 (berdistribusi tidak ada hubungan) dan data ini dikuatkan dengan rhitung < rtabel ( -0,200 < 0,261) berdistribusi tidak ada hubungan. Dari sisilah menyatakan bahwa hipotesisi yang di terima adalah Ho ( tidak ada hubungan siknifikansi sikap spiritual terhadap hasil belajar).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:36
Last Modified: 02 Jun 2021 03:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14534

Actions (login required)

View Item View Item