Perilaku Masyarakat dalam Memilih Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di Desa Soco Kecamatan Slogohimo)

Pangesti, Youvita Gayuh (2021) Perilaku Masyarakat dalam Memilih Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di Desa Soco Kecamatan Slogohimo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
etheses new.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masyarakat sekarang ini harus lebih pandai dalam memilih lembaga pendidikan, karena zaman ini sudah berkembang, pasti banyak perubahan perubahan yang yang semakin maju, hal tersebut memunculkan kegelisahan orang tua terhadap anak, sehingga orang tua harus memberikan pendidikan dengan cara yang khusus tetapi tidak hanya orang tua saja yang berperan. Lembaga pendidikan lah yang akan membantu masyarakat untuk mewujudkan keinginannya, Oleh karena itu orang tua harus pandai dalam memilih lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan saat ini juga memiliki banyak program terutama lembaga pendidikan Islam yang memiliki program lebih banyak seperti adanya pendidikan karakter dan juga pendidikan yang berbasis keIslaman
Penelitian ini bertujuan untuk ; (1) mengetahui untuk meneliti tentang bagaimana profil segmentasi masyarakat Desa Soco Kecamatan Slogohimo. (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua dalam memilih lembaga pendidikan Islam. (3) mengetahui tahap-tahap orang tua dalam memilih lembaga pendidikan Islam..
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif karena penelitian ini di era new normal maka penelitian dilakukan secara daring namun tetap melakukan secara luring juga, dengan teknik pengumpulan data wawancara dari empat informan,observasi yang dilaksanakan secara langsung oleh peneliti, dan dokumentasi, sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan juga kesimpulan.
Dari penelitian yang dilakukan dapat ditemukan bahwa ; (1) profil segmentasi masyarakat desa Soco ditinjau dari aspek ekonomi yaitu menengah kebawah, ditinjau dari aspek pendidikan didominasi oleh SD, dan ditinjau dari keagamaan religiusitasnya sedang. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua dalam memilih lembaga pendidikan Islam yaitu pertama dilihat dari faktor internal yang meliputi keinginan orang tua, kemudian faktor eksternal yaitu lingkungan sekolah, sarana dan prasarana dan kualitas pendidik. faktor terkuat dari beberapa faktor tersebut yaitu faktor internal yang meliputi keinginan orang tua. (3) Tahapan orang tua dalam memilih lembaga pendidikan Islam yaitu pertama harapan orang tua terhadap anak kemudian mencari informasi, informasi tersebut meliputi ;harga, promosi, lingkungan, dan output sekolah, yang terakhir adalah pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB. Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:14
Last Modified: 03 Jun 2021 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14527

Actions (login required)

View Item View Item