..GUNAKNA SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo

Sri Siskawati, Sri Siskawati (2021) ..GUNAKNA SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Lembga Pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SRI SISKAWATI 211217052 E-THESIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Siskawati, Sri. 2020. Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.SKRIPSI. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wahid Hariyanto, M.Pd.I.

Kata kunci : Manajemen hubungan masyararakat, Citra Lembaga Pendidikan
SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo merupakan sekolah swasta yang ada ditengah-tengah kabupaten Ponorogo. Lembaga ini memiliki eksistensi yang cukup baik dan tidak kalah dengan sekolah negeri lainnya. Eksistensi lembaga ini ditujukan dengan adanya program unggulan lembaga yang ditawarkan kepada calon peserta didik, selain program layanan dan ekstrakurikuler, ada juga program beasiswa yang kerja sama dengan LAZIZMU. Program beasiswa tersebut ditujukan bagi peserta didik yang kurang mampu namun memiliki potensi atau prestasi yang baik untuk dikembangkan di lembaga pendidikan khususnya.
Hubungan masyarakat atau yang disebut public relations merupakan bagian komponen lembaga pendidikan yang memiliki posisi strategis. Pada posisi strategis tersebut menjadikan humas sebagai penghubung antara pihak lembaga dengan masyarakat. Maka dalam hal ini, humas dijadikan sebagai garda terdepan dalam menjaga dan meningkatkan citra lembaga dari situasi yang tidak diinginkan oleh lembaga. Namun demikian, banyak lembaga pendidikan yang meremehkan tugas dari humas yang dianggap hanya sebagai struktur pelengkap yang mana strukturnya hanya dijadikan sebagai pajangan, yang dilengkapi karena saran dari pemerintah. Hal ini terlihat dari fakta lapangan sejak tahun 1998, bahwa sejak saat itu, banyak lembaga maupun organisasi yang sadar akan pentingnya pencitraan diri dengan menciptakan opini publik yang positif terhadap penigkatan citra lembaga maupun organisasi, yang artinya bahwa usaha atau program pencitraan ini, perlu untuk dikelola dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) Bagaimana perencanaan hubungan masyarakat, (2) Bagaimana pelaksanaan hubungan masyarakat, dan (3) Bagaimana evaluasi hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif-deskriptif, dengan mengambil lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Dalam hal ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman, yaitu analisis pengumpulan data (data colection), reduksi data (data reduction, penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan; Pertama terkait perencanaan manajemen humas di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo diawali dengan proses analisis kebutuhan lembaga atau berbasis dengan Need Assesment. Perencanaan tersebut dicanangkan oleh Waka humas bersama tim, kemudian dilakukan sosilasiasi bersama Kepala Sekolah dan stakeholder lembaga yang lainnya pada awal tahun pelajaran, yang biasanya dilaksanakan pada bulan Juni-Juli. Kedua terkait pelaksanaan manajemen humas di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, pelaksanaan kegiatannya bersifat rutin atau jalan terus juga bersifat berkala atau periodic. Ketiga terkait evaluasi manajemen humas di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, dilakukan evaluasi program kerja dengan dua tahap, yakni evaluasi per tiga bulan sekali dan evaluasi per enam bulan sekali atau per semester sekali, untuk mengetahui kendala apa saja yang ditemui serta program apa saja yang tercapai.

Item Type: Article
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Location: IAIN Ponorogo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:13
Last Modified: 02 Jun 2021 03:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14526

Actions (login required)

View Item View Item