Romadhon, Mochammad Irsyad (2021) Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surat-Surat Pilihan Siswa Tunagrahita Kelas VII SMPLB Panca Bhakti Magetan Pada Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
This is the latest version of this item.
|
Text
210317283_MOCHAMMAD IRSYAD R_PAI..pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Mochammad, Irsyad Romadhon. 2021, Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surat-Surat Pilihan Siswa Tunagrahita Kelas VII SMPLB Panca Bhakti Magetan Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci: Guru, Siswa tunagrahita, Hafalan, Covid-19
Guru adalah orang dewasa dengan segudang pengalaman yang tugasnya ialah membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik untuk dipersiapkan menghadapi tantangan yang akan datang serta menjadi individu yang sanggup untuk berdiri sendiri. Adanya kontribusi yang diberikan guru kepada peseta didik dapat memudahkan peserta didik dalam menerima pembelajaran. Hal tersebut juga berlaku pada program hafalan surat-surat pilihan pada siswa tunagrahita. Adanya pandemi Covid-19 ini segala aktivitas dibatasi, terutama pada sistem pendidikan. Peran pendidikan menjadi sorotan pada saat ini. Pendidikan juga harus dilakukan secara merata kepada semua siswa tanpa membeda-bedakan antara siswa yang normal dengan disabilitas khususnya siswa tunagrahita yang ada di SMPLB Panca Bhakti Magetan.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk menjelaskan bentuk upaya guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan surat-surat pilihan pada siswa tunagrahita di SMPLB Panca Bhakti Magetan pada masa pandemi Covid-19 (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hafalan siswa tunagrtahita pada masa pandemi Covid-19. (3) untuk menjelaskan cara mengatasi kendala-kendala dalam meningkatkan hafalan siswa tunagrahita pada masa pandemi Covid-19 di SMPLB Panca Bhakti Magetan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yakni penelitian yang memberikan hasil data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya adalah kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bentuk upaya guru dalam meningkatkan hafalan surat-surat pilihan pada siswa tunagrahita di masa pandemi Covid-19 ini dinilai cukup baik, lantaran guru selalu melakukan inovasi-inovasi baru dengan cara guru memadukan berbagai metode, teknik, dan strategi dalam proses hafalan sehingga memudahkan siswa dalam menghafalakan. (2) Faktor pendukung dalam meningkatkan hafalan siswa tunagrahita di SMPLB Panca Bhakti Magetan pada masa pandemi Covid-19 ini diantaranya adanya dukungan dari berbagai pihak seperti dukungan dari orang tua berupa perhatian dan kasih sayang yang lebih, serta dibutuhkan guru yang sabar, cakap dan mampu memahami setiap karakter siswa, dan adanya sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat dalam proses hafalan yaitu kurangnya perhatian dan pembimbingan yang diberikan oleh guru dikarenakan ditiadakannya pembelajaran secara tatap muka sehingga guru merasa kesulitan dengan diterapkannya pembelajaran daring tersebut serta kurangnya pengetahuan dari orang tua terhadap pembelajaran daring tersebut yang mengakibatkan siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran daring secara maksimal. (3) Cara untuk mengatasi kendala tersebut yaitu dengan cara guru menjalin suatu pendekatan terhadap orang tua siswa untuk memantau kegiatan siswa di rumah, adanya motivasi yang diberikan oleh guru ketika melakukan home visit, serta adanya evaluasi setiap minggunya dan pemberian reward kepada siswa untuk memotivasi siswa agar semangat dalam menghafalkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Kharisul Wathoni |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 03:33 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 03:33 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14519 |
Available Versions of this Item
-
..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surat-Surat Pilihan Siswa Tunagrahita Kelas VII SMPLB Panca Bhakti Magetan Pada Masa Pandemi Covid-19. (deposited 31 May 2021 01:20)
- Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surat-Surat Pilihan Siswa Tunagrahita Kelas VII SMPLB Panca Bhakti Magetan Pada Masa Pandemi Covid-19. (deposited 02 Jun 2021 03:33) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |