..(LEMBAR PENGESHAAN BLM ADA TTD DAN STEMPEL, UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..Implementasi Pembelajaran Daring Siswa Kelas 8 MTs.Al-ISLAM Joresan

Nurhotimah, Nurhotimah (2021) ..(LEMBAR PENGESHAAN BLM ADA TTD DAN STEMPEL, UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..Implementasi Pembelajaran Daring Siswa Kelas 8 MTs.Al-ISLAM Joresan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI -210317101- NURHOTIMAH.docx

Download (2MB)

Abstract

Dunia Pendidkan sekarang ini sedang diterpa sebuah permasalahan yang serius sehingga mengharuskan seluruh kegiatan belajar dilakukan secara online. Adapun system pembelajaran yang ada di Al-Islam selalu menggunakan model konvensional,selah adanya pandemi ini harus beerganti dengan model pembelajaran online hal ini bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Adapun dalam pelaksanaannya merupakan hak dan wewenang dari lembaga pendidikan itu sendiri, karena banyaknya Platform yang digunakan dalam platform pembe;ajaran daring ini seperti Whatsapp, Google Classrom, E-Learning tentunya juga dalam pelaksanaanya harus disesuaikan dengan kemampuan dari masing-masing guru supaya berjalan secara maksimal/
Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui platform apa saja yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran daring di MTs.Al-Islam. Serta bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring di Al-Islam itu dilakukan.
Untuk menjawab pertanyaan diatas maka penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif adapun penelitian ini dilaksanakan di MTs.Al-Islam Joresan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara. Serta teknik analisis datanya menggunakan model analisis Milles and Huberment. Karena peneliti ingin mencari informasi mengenai bagaimana platform dan pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan di MTs.Al-Islam Joresan yang datanya kemudian dideskripsikan untuk menjawab persoalan yang ada di lapangan.
Berdasarkan hasil analis dapat disimpulkan bahwa, (1)Pelaksanaan pembelajaran daring kelas 8 di Mts.Al-Islam Joresan menggunakan beberapa platform pembelajaran yaitu E-Learning, Google Classrom, dan Whastapp Group(2) Menurut data yang diperoleh di lapangan mata pelajaran yang menggunakan E-Learning adalah Bahasa Indonesia, IPA dan Mahfudhat. Adapun mata pelajaran yang menggunakan Google Classrom adalah Bahasa Inggris, Muthola’ah dan menggunakan Whatsapp Group adalah Tarikh Islam dan Hadist.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:08
Last Modified: 02 Jun 2021 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14517

Actions (login required)

View Item View Item