NILAI-NILAI KARAKTER DALAM FILM ANIMASI UP DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER KERJA KERAS, KREATIF DAN PEDULI SOSIAL BAGI SISWA SD/MI

PRADANA, HANDIKA EKO WAHYU (2021) NILAI-NILAI KARAKTER DALAM FILM ANIMASI UP DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER KERJA KERAS, KREATIF DAN PEDULI SOSIAL BAGI SISWA SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210617192_HANDIKA EKO WAHYU PRADANA_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pradana, Handika Eko Wahyu. 2021. Nilai-Nilai Karakter dalam Film Animasi UP dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Kerja Keras, Kreatif dan Peduli Sosial bagi Siswa SD/MI. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.

Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter, Film Animasi UP, Pendidikan Karakter Kerja Keras, Kreatif, Peduli Sosial
Dalam era digital yang maju ini banyak peristiwa yang menunjukkan dekadensi moral anak yang semakin memprihatinkan, baik dari akhlak maupun adabnya. Anak sudah terbiasa berbicara kotor, merundung temanya dan kurang sopan. Hal ini terlihat dari beberapa kasus yang terjadi dalam dunia anak di Indonesia. Hal Ini disebabkan pengaruh lingkungan, bemain gawai dan media televisi. Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah melalui pendidikan karakter. Penanaman nilai-nilai karakter seharusnya diajarkan sejak dini, baik dari orang tua, sekolah maupun masyarakat. Dalam pendidikan karakter, banyak nilai positif yang bisa dikembangkan pada anak. Nilai-nilai karakter bisa didapatkan anak melalui pembelajaran di sekolah, dalam lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, buku, karya sastra dan lain-lain. Salah satu karya sastra yang memuat nilai-nilai karakter adalah film. Film yang biasanya digemari anak adalah film animasi. Berdasarkan pengamatan awal dalam film animasi banyak termuat nilai-nilai karakter yang baik bagi anak. Salah satu diantaranya adalah film animasi UP. Film animasi UP menceritakan tentang perjuangan mewujudkan cita-cita.
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan nilai-nilai karakter dalam film animasi UP, (2) menjelaskan nilai-nilai karakter dalam film animasi UP relevansinya dengan pendidikan karakter kerja keras siswa SD/MI, (3) menjelaskan nilai-nilai karakter dalam film animasi UP relevansinya dengan pendidikan karakter kreatif siswa SD/MI, (4) menjelaskan nilai-nilai karakter dalam film animasi UP relevansinya dengan pendidikan karakter peduli sosial siswa SD/MI.
Data penelitian ini disusun menggunakan pendekatan penelitian library research (kepustakaan) dengan teknik analisis isi. Sumber data yag digunakan adalah Film Animasi UP. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data literer.
Hasil analisis data dalam Film Animasi UP antara lain (1) nilai-nilai karakter yang terdapat terdapat dalam film animasi UP, yaitu tidak mudah putus asa, memiliki tekad yang kuat untuk mencapai tujuan, memiliki ide yang kreatif, suka berimajinasi, menjenguk teman yang sakit dan saling menolong, (2) Relevansi nilai-nilai karakter dalam film animasi UP dengan pendidikan karakter kerja keras bagi siswa sekolah dasar atau madrasah ibitidaiyah, yaitu nilai karakter tidak mudah putus asa dan memiliki tekad yang kuat menunjukkan nilai pendidikan karakter kerja keras, (3) Relevansi nilai-nilai karakter dalam film animasi UP dengan pendidikan karakter kreatif bagi siswa sekolah dasar atau madrasah ibitidaiyah, yaitu nilai karakter memiliki ide yang kreatif dan suka berimajinasi menunjukkan nilai pendidikan karakter kreatif, (4) Relevansi nilai-nilai karakter dalam film animasi UP dengan pendidikan karakter peduli sosial bagi siswa sekolah dasar atau madrasah ibitidaiyah, yaitu nilai karakter menjenguk teman yang sakit dan saling menolong menujukkan nilai pendidikan karakter peduli sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: YUENTIE SOVA PUSPIDALIA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:53
Last Modified: 02 Jun 2021 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14507

Actions (login required)

View Item View Item