Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Ma'arif Al-Hikmah Ngrayun Tahun Ajaran 2020/2021

Sulvita, Diah (2021) Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Ma'arif Al-Hikmah Ngrayun Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211417005 DIAH SULVITA ETHESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sulvita, Diah. 2021. Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembiimbing Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci : Pemanfaatan Lingkungan, Sumber Belajar, Hasil Belajar.
Sumber belajar diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat memberikan informasi dalam kegiatan pembelajaran. Bentuknya bukan hanya bentuk cetakan, video, perangkat lunak, atau kombinasi dari beberapa bentuk tersebut yang dapat digunakan siswa dan guru. Sumber belajar juga dapat diartikan sebagai segala tempat atau lingkungan, orang, dan benda yang mengandung informasi yang menjadi wahana bagi siswa untuk melakukan proses perubahan perilaku. Hasil belajar adalah perubahan kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah mengalami proses belajar. Pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan sumber pembelajaran lingkungan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan kreatif sehingga turut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa MTs Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber pembelajaran IPS siswa kelas VII MTs Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun Tahun Ajaran 2020/2021 ? (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VII MTs Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun Tahun Ajaran 2020/2021 ? (3) Apakah pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber pembelajaran IPS berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun Tahun Ajaran 2020/2021 ?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik penguumpulan data menggunakan teknik kuisioner dan teknik dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana.
�Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber pembelajaran IPS siswa kelas VII MTs Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun dapat dikatakan cukup. Hal ini diperoleh dari hasil angket yang disebarkan kepada 32 siswa dengan rincian 47% dengan frekuensi 15 responden dari 32 responden. (2) Hasil beajar siswa kelas VII MTs Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun dapat dikatakan baik. Hal ini diperoleh dari hasil angket dengan prosentase sebesar 41% dengan frekuensi sebanyak 13 responden dari 32 responden. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber pembelajaran IPS dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Ma’arif Al-Hikmah Ngrayun Tahun Ajaran 2020/2021. Hal ini diketahui dar hasil perhitungan statistka yaitu Fhitung sebesar 21,384 dan Ftabel pada taraf siginifikansi 5% sebesar 4,17. Karena Fhitung (21,384) > Ftabel (4,17) maka Ho ditolak. Kemudian diperoleh keofisien determinasi sebesar 0,416% yang artinya pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber pembelajaran IPS (X) berpengaruh sebesar 41,6% terhadap hasil belajar siswa (Y) dan 58,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:53
Last Modified: 02 Jun 2021 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14506

Actions (login required)

View Item View Item