..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Studi Komparasi Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Resitasi dan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI di SMAN 1 Nawangan Pacitan Tahun Pelajaran 2020/ 2021

Nurfadilah, Hanifah (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Studi Komparasi Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Resitasi dan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI di SMAN 1 Nawangan Pacitan Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317365 HANIFAH NURFADILAH .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh adanya kebijakan pembelajaran ketika pandemi covid-19. Sekolah SMA N 1 Nawangan dalam menerapkan kebijakan tersebut dituntut untuk dapat melaksanakan metode pembelajaran yang tepat dengan waktu yang terbatas. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan sering menggunakan metode resitasi. Peneliti berasumsi bahwa ada pula metode pembelajaran lain yang dapat diterapkan yang tetap dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode pembelajaran tersebut yaitu metode pembelajaran proyek.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara metode pembelajaran resitasi dan metode pembelajaran proyek, sehingga dapat dijadikan pertimbangan metode yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Adapun desain yang digunakan adalah kelompok pembanding prates-pascates berpasangan (Matching Pretest-Postest Comparison Group Desain). Penelitian ini melibatkan dua kelompok yaitu, kelompok eksperimen 1 kelas XI MIPA1 yang berjumlah 27 siswa dan kelompok eksperimen 2 kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 24 siswa. Penentuan sampel tersebut diperoleh melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t matching, sehingga dapat diketahui kedua kelompok memiliki kemampuan yang setara. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan dengan memberikan soal berupa pilihan ganda yang diujikan kepada peserta didik sebelum dan setelah treatment. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Uji T untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan peningkatan hasil belajar antara metode pembelajaran resitasi dan metode pembelajaran berbasis proyek.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran resitasi dengan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI SMA N 1 Nawangan Pacitan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai sig yaitu 0, 010 yang lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak, artinya, ada perbedaan yang signifikan rata-rata peningkatan hasil belajar antara menggunakan metode resitasi dan metode berbasis proyek. Berdasarkan hasil uji t one tailed yang menunjukkan nilai sig sebesar 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek lebih baik dari peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan metode resitasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:50
Last Modified: 02 Jun 2021 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14499

Actions (login required)

View Item View Item