Budaya Mujahadah Makam Di Desa Sangen Kecamatan Geger Kabupaten Madiun (Studi Kajian Living Qur’an Komunitas Sholawat Wahidiyah)

Murtadlo, Hamid (2021) Budaya Mujahadah Makam Di Desa Sangen Kecamatan Geger Kabupaten Madiun (Studi Kajian Living Qur’an Komunitas Sholawat Wahidiyah). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Hamid Murtadlo 210414002.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Murtadlo, Hamid. 2021. Budaya Mujahadah Makam Di Desa Sangen Kecamatan Geger Kabupaten Madiun (Studi Kajian Living Qur’an Komunitas Sholawat Wahidiyah). Skripsi. Jurusan Ilmu Al Qur’an Dan Tafsir Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Dr. Iswahyudi, M.Ag.
Kata kunci : Sholawat Wahidiyah, Living Qur’an, Mujahadah Makam, Desa Sangen
Penelitian ini berawal dari ketertarikan dengan adanya realitas budaya Mujahadah Makam yang dilakukan oleh para pengamal Sholawat Wahidiyah di Desa Sangen Madiun. Masyarakat sekitar mengatakan bahwa mereka melakukan budaya ini agar arwah para leluhur mendapatkan syafaat pada hari kiamat. Kegiatan ini dipelopori oleh komunitas penyiar Sholawat Wahidiyah yang sudah berlangsung di Desa Sangen dalam kurun waktu kurang lebih 30 tahun.
Berangkat dari latar belakang tersebut penulis tertarik melakukan penelitian lebih lanjut mengenai Budaya Mujahadah Makam di Desa Sangen dengan fokus permasalahan : (1) Bagaimana persepsi masyarakat terhadap ayat-ayat yang dibaca dalam pelaksanaan Mujahadah Makam? (2) Bagaimanakah praktik pelaksanaan Mujahadah Makam di Desa Sangen Kec. Geger Kab. Madiun? (3) Apa yang melatarbelakangi masyarakat untuk terus melaksanakan Mujahadah Makam?
Penelitian ini difokuskan pada Budaya Muajahadah Makam Di Desa Sangen menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik Snowballing .Penelitian dilakukan dengan wawancara mendalam dengan beberapa informan pelaku Mujahadah makam.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat menunjukan bahwa : (1) Persepsi terhadap surat Aż Żāriyat ayat 56 adalah mengajak secara lahiriyah dan bathiniyah agar supaya masyarakat segera kembali mengabdikan diri dan sadar kepada Allah dan Rasulullah SAW. Pemaknaan dari Surat Al-Isra' ayat 81 adalah sebagai suatu bentuk permohonan (doa) agar segala sesuatu yang haq segera didatangkan dan untuk dijauhkan dari segala hal yang bersifat batil. (2) Tata cara dalam pelaksanaan Mujahadah Makam adalah Persiapan (pembacaan Tasyafu' dan Istighasah yang dibaca serentak), Pelaksanaan (membaca Sholawat Wahidiyah dengan aurod Mujahadah Makam), Pasca Pelaksanaan (melakukan Nida' empat penjuru). (3) Faktor yang melatarbelakangi Masyarakat Melaksanakan Mujahadah Makam yaitu : (1) Masyarakat percaya jika melaksanakan Mujahadah Makam dapat memintakan syafaat kepada Rasulullah bagi arwah yang sudah meninggal, (2) Masyarakat memiliki kepercayaan kuat mengenai interaksi manusia dengan arwah nenek moyang atau orang-orang yang sudah meninggal, (3) Masyarakat percaya dengan melaksanakan Mujahadah Makam dapat mengingatkan manusia dengan adanya kematian, (4) Masyarakat merasakan tambahnya iman serta rasa Lillah Billah seperti yang ada dalam ajaran Sholawat Wahidiyah dengan perantara melaksanakan Mujahadah Makam secara rutin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:48
Last Modified: 02 Jun 2021 02:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14498

Actions (login required)

View Item View Item