..(GUNKKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DNA PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLODA ULNAG)..PERAN MADRASAH DINIYAH NURUL HIDAYAH DALAM MENINGKATKAN AKHLAK ANAK DI DESA PARINGAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO

Asialawati, Asialawati (2021) ..(GUNKKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DNA PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLODA ULNAG)..PERAN MADRASAH DINIYAH NURUL HIDAYAH DALAM MENINGKATKAN AKHLAK ANAK DI DESA PARINGAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317323 ASIALAWATI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM .pdf

Download (889kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang Peran Madrasah Diniyah Nurul Hidayah dalam Meningkatkan Akhlak Anak di Desa Paringan. Program Madrasah Diniyah Nurul Hidayah dalam Meningkatkan Akhlak Anak di Desa Paringan. Dampak Program Madrasah Diniyah Nurul Hidayah dalam Meningkatkan Akhlak Anak di Desa Paringan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan tiga tahap yaitu: tahap reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Pendidikan agama harus ditanamkan sejak dini dalam mewujudkan perubahan dalam aspek kehiduan khususnya akhlak anak di Desa Paringan. Oleh karena itu latar belakang berdirinya Madrasah Diniyah serta pembelajarannya yang menanamkan nilai-nilai keagamaan dan membentuk anak berakhlak sangat diperlukan dimasyarakat agar membentuk generasi mudah yang beriman dan bertaqwa kepada Allah dan berakhlak mulia. Adapun kegiatan yang di laksanakan Madrasah Diniyah Nurul Hidayah yaitu: Praktik wudhu, Praktik Sholat, sorogan al-aqaur’an, berzanji, hafalan juz amma dan kaligrafi. Madrasah Diniyah Nurul Hidayah dalam sistem pembelajaran menggunakan sistem klasikal dimana anak-anak di bagi menjadi empat kelas. Dalam pelaksanaan kegiatan untuk meningkatkan akhlak anak yang di laksanakan Madasah Diniyah Nurul Hidayah tidak terjadi secara spontan, melainkan melalui proses yang berangsur-angsur dan perlahan, tetapi menunjukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:47
Last Modified: 02 Jun 2021 02:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14496

Actions (login required)

View Item View Item