Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Menumbuhkan Perilaku Terpuji Siswa ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak)

Suryani, Rizqi (2021) Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Menumbuhkan Perilaku Terpuji Siswa ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317339 RIZQI SURYANI PAI (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pelaksanaan metode pembiasaan dalam menumbuhkan perilaku terpuji siswa (studi kasus pada siswa kelas XI IPS MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan Ponorogo dalam pembelajaran akidah akhlak Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode pembiasaan dalam menumbuhkan perilaku terpuji siswa (studi kasus pada siswa kelas XI IPS MA Muhammadiyah 2 Yanggong dalam pembelajaran akidah akhlak) Mengetahui keberhasilan penerapan metode pembiasaan dalam menumbuhkan perilaku terpuji siswa (studi kasus pada siswa kelas XI IPS MA Muhammadiyah 2 Yanggong dalam pembelajaran akidah akhlak).
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di MA Muhammadiyah 2 Yanggong dengan subjek informan guru akidah akhlak dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model Milles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: pelaksanaan metode pembiasan dalam menumbuhkan perilaku terpuji di MA Muhammadiyah 2 Yanggong terbagi menjadi dua macam, yaitu pembiasaan ketika pembelajaran akidah akhlak di kelas atau daring dan pembiasaan di luar pembelajaran akidah akhlak di kelas atau daring. faktor penghambat melakukan pembiasaan yaitu dari diri sendiri, lingkungan keluarga yang kurang mendukung, teman, pergaulan. Sedangkan faktor pendukungnya dari para guru, lingkungan yang religius, teman, keluarga, serta masyarakat, dan beberapa organisasi seperti IPM ( Ikatan Pelajar Muhammadiyah), Karang Taruna, dan Remaja Masjid. Sedangkan faktor pendukungnya dari para guru, lingkungan yang religius, teman, keluarga, serta masyarakat, dan beberapa organisasi seperti IPM ( Ikatan Pelajar Muhammadiyah), Karang Taruna, dan Remaja Masjid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:25
Last Modified: 02 Jun 2021 03:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14494

Actions (login required)

View Item View Item