..(TAMBAHKAN MATERAI PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Tipe Network Tree untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS Terpadu pada Siswa Kelas VIII C di SMPN 1 Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Hidayah, Nurul (2021) ..(TAMBAHKAN MATERAI PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Tipe Network Tree untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS Terpadu pada Siswa Kelas VIII C di SMPN 1 Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI 211417033 NURUL HIDAYAH.docx

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan proses pembelajaran di SMPN 1 Jenangan Ponorogo yang kurang menarik dan membosankan, sehingga siswa merasa tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru hanya menggunakan metode ceramah. Sehingga pembelajaran belum berjalan maksimal dan berdampak pada hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran mind mapping tipe network tree dalam meningkatkan minat belajar IPS terpadu pada siswa kelas VIII C di SMPN 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2020/2021. (2) Mengetahui penerapan model pembelajaran mind mapping tipe network tree dalam meningkatkan hasil belajar IPS terpadu pada siswa kelas VIII C di SMPN 1 Jenangan Ponorogo tahun ajaran 2020/2021
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas VIII C SMPN 1 Jenangan Ponorogo. Pemilihan lokasi penelitian didasari oleh hasil pengamatan yang peniliti lakukan secara langsung pada saat Magang 1 dan 2. Data minat siswa diambil dari angket dan lembar observasi, sedangkan hasil belajar siswa diambil dari post test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Minat belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dengan data angket yang masuk kategori sangat berminat hanya 16% pada siklus I meningkat menjadi 38% pada siklus II. Dibuktikan lagi dengan data lembar observasi, yang dapat diketahui bahwa pada siklus I tidak ada sama sekali yang masuk kategori tinggi, namun mengalami perbaikan pada siklus II menjadi 94%. (2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dengan data nilai belajar siswa yang tuntas hanya 9% pada siklus I dan meningkat menjadi 94% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:24
Last Modified: 02 Jun 2021 03:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14492

Actions (login required)

View Item View Item