Pengaruh Interaksi Sosial dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas III di MI Ma'arif Ngrupit Jenangan Ponorogo

Noviananda, Saslita (2021) Pengaruh Interaksi Sosial dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas III di MI Ma'arif Ngrupit Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SASLITA PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas III di MI Ma'arif Ngrupit Jenangan Ponorogo dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu interaksi sosial dan gaya belajar. Jika interaksi sosial dan gaya belajar siswa positif, maka hasil belajar siswa akan meningkat dan begitu juga sebaliknya.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial terhadap hasil belajar siswa kelas III di MI Ma'arif Ngrupit, (2) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa kelas III MI Ma'arif Ngrupit, (3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III MI Ma'arif Ngrupit.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis Ex-Post Facto. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel 52 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada interaksi sosial terhadap hasil belajar siswa kelas III MI Ma'arif Ngrupit dengan nilai Fhitung>Ftabel (4,072>4,03) dengan sumbangan efektifnya sebesar 7,5%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas III MI Ma'arif Ngrupit dengan nilai Fhitung>Ftabel (14,287>4,03) dengan sumbangan efektifnya sebesar 22,2%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada interaksi sosial dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas III MI Ma'arif Ngrupit dengan Fhitung>Ftabel (8,108>4,03) dengan sumbangan efektifnya sebesar 24,9%

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:44
Last Modified: 02 Jun 2021 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14490

Actions (login required)

View Item View Item