PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP PEMAHAMAN RAMBU LALU LINTAS DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PONOROGO

Rachma, Firda Amalia (2021) PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP PEMAHAMAN RAMBU LALU LINTAS DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210617211_FIRDA AMALIA RACHMA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dipelajari saat ini, karena Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Siswa diharapkan mampu memahami dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Proses memahami merupakan proses menangkap suatu makna dari informasi yang didapat secara lisan maupun tulisan. Berbicara mengenai realita, siswa kelas III MIN 1 Ponorogo memiliki pemahaman yng cenderung rendah dalam materi rambu lalu lintas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan peran guru yang cenderung dominan dan penggunaan media konvensional. Sehingga siswa kurang bersemangat dan aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan media yang dapat menarik perhatian siswa. Salah satu media tersebut adalah media puzzle.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan media puzzle terhadap pemahaman rambu lalu lintas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ponorogo, dan (2) mengetahui perbedaan pemahaman siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol setelah diberikan perlakuan dalam pembelajaran.
Untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang dengan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MIN 1 Ponorogo. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas dengan masing-masing kelas sebanyak 30 siswa. Kedua kelas tersebut diberlakukan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan media puzzle. Sedangkan kelas kontrol tanpa diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan tes tulis. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent t test.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) penggunaan media puzzle pada materi pengenalan rambu lalu lintas termasuk dalam kategori cukup efektif yang menunjukkan pada persentase 58,2%, sedangkan pembelajaran pada kelas kontrol tergolong tidak efektif yang menunjukkan pada persentase 29,5%, (2) terdapat perbedaan pemahaman siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol setelah diberikan perlakuan dalam pembelajaran dimana nilai t hitung yang bernilai 7,122 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,00172.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: TIRTA DIMAS WAHYU NEGARA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:42
Last Modified: 02 Jun 2021 02:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14486

Actions (login required)

View Item View Item