Analisis Kesiapan Siswa Kelas IX Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Qur'an Hadis Di MTs PGRI Selur Ngrayun Ponorogo

Suryati, Anik (2021) Analisis Kesiapan Siswa Kelas IX Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Qur'an Hadis Di MTs PGRI Selur Ngrayun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANIK SURYATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Suryati, Anik. 2021. Analisis Kesiapan Siswa Kelas IX dalam Menghadapi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Qur’an Hadis di MTs PGRI Selur Ngrayun Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorgo. Pembimbing, Drs. Waris, M.Pd.

Kata Kunci: Kesiapan Siswa, Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran Qur’an Hadis.

Kesiapan harus dimiliki oleh setiap siswa terutama kelas IX sebelum mereka menghadapi pembelajaran daring khususnya pada mata pelajaran Qur’an Hadis. Tidak hanya persiapa secara internal saja namun juga secara eksternal yang keduanya sama-sama penting kaitannya dengan kegiatan belajar. Pembelajaran daring yang dilatar belakangi oleh adanya COVID-19 sehingga seluruh lapisan masyarakat terkena dampak termasuk sektor pendidikan, timbullah suatu peraturan baru dalam pelaksanaan pendidikan yaitu kegiatan belajar mengajar secara online atau dikenal dengan istilah daring.
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendiskripsikan persiapan pembelajaran daring pada mata pelajaran Qur’an Hadis yang dilakukan oleh kelas IX di MTs PGRI Selur Ngrayun Ponorogo, (2) mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring kelas IX pada mata pelajaran Qur’an Hadis di MTs PGRI Selur Ngrayun Ponorogo, (3) mengetahui dan menganalisa hambatan dan solusi siswa kelas IX dalam menghadapi pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Qur’an Hadis di MTs PGRI Selur Ngrayun Ponorogo.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan konsep Miles dan Hubermen dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Yang dilakukan siswa kelas IX untuk mempersiapkan pembelajaran daring pada mata pelajaran Qur’an Hadis di MTs PGRI Selur Ngrayun Ponorogo adalah melalui dua cara yaitu persiapan secara internal dan eksternal. (2) Pelaksanaan pembelajaran daring kelas IX pada mata pelajaran Qur’an Hadis di MTs PGRI Selur Ngrayun Ponorogo dilaksankaan pada hari Senin pukul 08.00 hingga pukul 09.30 WIB menggunakan Google Classroom dan ada kalanya menggunakan Whats App. (3) Yang menjadi hambatan siswa kelas IX dalam menghadapi pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Qur’an Hadis di MTs PGRI Selur Ngrayun Ponorogo tersebut adalah letak geografis wilayah tempat tinggal, tingkat pemahaman yang berbeda dan sarana prasarana yang kurang memadai. Adapun solusinya yaitu dari siswa sendiri dengan memaksimalkan persiapannya, kemudian oragtua yang selalu mendukung dan mengarahkan, serta guru yang memilih metode dan media secara tepat dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: WARIS
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:14
Last Modified: 02 Jun 2021 02:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14480

Actions (login required)

View Item View Item