..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Kebijakan Sekolah Terhadap Penggunaan Gadget Dalam Pembelajaran IPS Terpadu (Studi Kasus Siswa Kelas VII C SMP Ma'arif 1 Ponorogo)

Azizah, Diah Nuril (2021) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Kebijakan Sekolah Terhadap Penggunaan Gadget Dalam Pembelajaran IPS Terpadu (Studi Kasus Siswa Kelas VII C SMP Ma'arif 1 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
skripsi tanpa lampiran-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Diah Nuril Azizah, Diah. 2021. Kebijakan Sekolah Terhadap Penggunaan Gadget Dalam Pembelajaran Ips Terpadu (Studi Kasus Siswa Kelas VII C SMP Ma’arif 1 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Syafiq Humaisi, M.pd.
Kata Kunci: Kebijakan Sekolah, Gadget, Penggunaan Gadget di Sekolah, Pembelajaran Ips Terpadu.
Rumusan masalah dalam penelitian ini membahas dua masalah, yang pertama yaitu menyinggung tentang penggunaan gadget dalam pembelajaran IPS Terpadu di kelas VII C SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Kemudian yang kedua tentang implementasi kebijakan sekolah dalam penggunaan gadget di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui penggunaan gadget dalam pembelajaran IPS Terpadu di kelas VII C SMP Ma’arif 1 Ponorogo dan untuk mengetahui implementasi kebijakan sekolah dalam penggunaan gadget di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Sesuai dengan judul penelitian, maka manfaat dari penelitan ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan gadget ketika digunakan dalam pembelajaran ips terpadu dan juga untuk mengetahui bagaimana implementasi atau penerapan penggunaan gadget di SMP Ma’arif 1 Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang mana data yang dikumpulkan itu berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka seperti halnya penelitian kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis induktif dan jenis penelitiannya adalah jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulsi teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman dengan menggunakan langkah-langkah mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan gadget di kelas VII C SMP Ma’arif 1 Ponorogo dalam pembelajaran ips terpadu berfungsi sebagai fasilitas pembelajaran dalam ips terpadu selain buku. Dalam penggunaannya gadget digunakan untuk pengerjaan soal, mencari materi yang belum difahami dan mencari materi ips terpadu yang tidak ada dibuku ataupun yang belum dijelaskan oleh guru, atau yang memang sudah dijelaskan namun siswa belum memahami. (2) kemudian implementasi atau penerapan penggunaan gadget di SMP Ma’arif 1 Ponorogo yaitu pada saat jam istirahat gadget boleh digunakan namun dengan pengawasan dari guru dan juga gadget boleh digunakan untuk pembelajaran dalam kelas yang membutuhkan gadget dan atas kontruksi dari guru. Jadi intinya dalam penggunaan gadget di SMP Ma’arif 1 Ponorogo ini diperbolehkan namun penggunaannya dibatasi dan diawasi oleh guru agar siswa tidak melulu bermain gadget.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:10
Last Modified: 02 Jun 2021 03:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14478

Actions (login required)

View Item View Item