METODE PENDIDIKAN KELUARGA DALAM AL-QUR’AN SURAT IBRAHIM AYAT 35 – 41 TAFSIR AL-MISHBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK

KHASANAH, PUTRI USWATUN (2021) METODE PENDIDIKAN KELUARGA DALAM AL-QUR’AN SURAT IBRAHIM AYAT 35 – 41 TAFSIR AL-MISHBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
PUTRI USWATUN KHASANAH_210317071_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khasanah, Putri Uswatun. 2021. Metode Pendidikan Keluarga dalam Al – Qur’an Surat Ibrahim Ayat 35 – 41 Tafsir Al – Mishbah Karya M. Quraish Shihab dan Implikasinya terhadap Pembentukan Karakter Anak. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ahmad Nu’man Hakiem, M. Ag.
Kata kunci : Metode, Surat Ibrahim, Karakter.
Kekeliruan sikap yang diambil orang tua dalam mendidik anaknya menyebabkan permasalahan muncul dalam keluarga seperti contohnya ialah kekerasan terhadap anak. Pendidikan merupakan aktivitas mengembangkan kepribadian manusia yang berjalan seumur hidup. Orang tua sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak seyogyanya penting untuk memperhatikan pendidikan anaknya dengan menggunakan metode yang tepat. Beberapa metode pendidikan telah ditulis dalam Al – Qur’an. Seperti yang tetulis dalam Surat Ibrahim ayat 35 – 41 menurut Tafsir al – Mishbah. Tafsir al – Mishbah merupakan karya mufasir kontemporer dari M. Quraish Shihab menggunakan bahasa yang jelas, lugas, terarah dan mudah dipahami. Tafsir al – Mishbah bisa dipelajari oleh semua kalangan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menjelaskan metode pendidikan keluarga yang terkandung dalam Surat Ibrahim ayat 35 – 41 menurut Tafsir al – Mishbah karya M. Quraish Shihab, (2) Menjelaskan implikasi metode pendidikan keluarga yang terkandung dalam Surat Ibrahim ayat 35 – 41 menurut Tafsir al - Mishbah karya M. Quraish Shihab dengan pembentukan karakter anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis penelitian kepustakaan ( library reseach ). Teknik yang tepat pada penelitian ini ialah pengumpulan literer yakni mengumpulkan bahan – bahan pustaka seperti buku, majalah, jurnal yang berhubungan dengan objek pembahasan yang dimaksud. Dalam menganalisis data setelah data sudah terkumpul penulis menganalisis dan mengidentifikasi data yang telah didapatkan disebut dengan metode “content analysis”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Implikasi metode keteladanan dalam Al – Qur’an surat Ibrahim ayat 35, 40, 41 dapat membentuk karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanngung jawab. Adapun implikasi metode adat kebiasaan dalam Al – Qur’an surat Ibrahim ayat 37 dapat membentu karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanngung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AHMAD NU'MAN HAKIEM
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:49
Last Modified: 02 Jun 2021 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14472

Actions (login required)

View Item View Item