Strategi Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Negeri 1 Ponorogo Pada Masa Pandemi Covid-19

Dewi, Windi Puspita (2021) Strategi Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Negeri 1 Ponorogo Pada Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317314_WINDI PUSPITA DEWI_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Dewi, Windi Puspita. 2021. Strategi Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Negeri 1 Ponorogo Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Syaiful Arif, M.Pd.,
Kata Kunci: Reward, Motivasi Belajar, Akidah Akhlak.
Proses pembelajaran dahulu dahulu dilaksanakan secara luring atau dengan tatap muka. Namun, selama pandemi COVID-19 proses tersebut harus dilakukan secara daring dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Selama pelaksanaan pembelajaran daring muncul berbagai kendala yang menyangkut motivasi belajar siswa sebagai elemen utama penerima rangsangan pendidikan serta guru sebagai pelaku utama proses pendidikan. Kendala tersebut antara lain: siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya respon siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, guru kesulitan dalam mengenali karakter siswa, dan guru tidak mampu mengontrol proses pembelajaran secara keseluruhan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru memberikan stimulasi dan reward berupa nilai yang tinggi bagi peserta didik yang mengumpulkan tugas tepat waktu dan lebih awal.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi strategi pemberian reward dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 1 Ponorogo pada masa pandemi COVID-19. (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan Reward dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 1 Ponorogo pada masa pandemi COVID-19. (3) mengetahui implikasi penggunaan reward dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 1 Ponorogo pada masa pandemi COVID-19.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui (1) Wawancara. (2) Pengamatan (Observasi). (3) Dokumentasi. Selanjutnya analisa data dilakukan dengan: (1). Analisa selama pengumpulan data yakni (1) Reduksi data. (2) Penyajian data. (3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi reward yang dilakukan di MTs Negeri 1 Ponorogo pada mata pelajaran Akidah Akhlak sudah berjalan dengan variatif. Reward yang diimplementasikan berupa (1) Ucapan terima kasih. (2) Pujian. (3) Acungan jempol. (4) Pemberian penghargaan. (5) Tambahan nilai. (6) Beasiswa bagi siswa yang disiplin dan berprestasi. Faktor pendukung yang mempengaruhi pemberian reward antara lain: (1) Sarana dan prasarana. (2) Lingkungan. (3) Adanya fasilitas dari pimpinan. (4) Minat peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya bisa dari (1) Orang tua. (2) Guru. (3) Minat peserta didik. Hasil dari implementasi reward pada mata pelajaran Akidah Akhlak adalah meningkatnya motivasi belajar peserta didik di dalam kelas dengan adanya (1) Peningkatan perhatian siswa ketika belajar. (2) Peningkatan keyakinan siswa terhadap tugas yang telah dikerjakan. (3) Peningkatan nilai akademik siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:45
Last Modified: 02 Jun 2021 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14470

Actions (login required)

View Item View Item