.. FILE YANG DIUPLOAD HARUS FORMAT PDF....PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI MEDIA WAYANG (Penelitian Tindakan Kelas VII B SMPN 1 Siman Ponorogo)

Febrianto, Febrianto (2021) .. FILE YANG DIUPLOAD HARUS FORMAT PDF....PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI MEDIA WAYANG (Penelitian Tindakan Kelas VII B SMPN 1 Siman Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
FEBRIANTO 210317196.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Febrianto, 2020 PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI MEDIA WAYANG (Penelitian Tindakan Kelas VII B SMPN 1 Siman Ponorogo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Kharisul Wathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci : Media Wayang, Pemahaman Siswa, Pembelajaran
Pemahaman siswa menjadi tujuan utama dalam pendidikan. Hal ini karena setiap pembelajaran pasti pendidik menginginkan hasil yang terbaik untuk peserta didiknya. Salah satu tujuannya adalah pemahaman siswa yang terdiri dari hasil belajar siswa. Namun faktanya di SMPN 1 SIMAN PONOROGO keinginan dan juga hasil belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti masih sangat rendah. Penyebab dari itu adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran oleh seorang pendidik.
Tujuan mendasar dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan media wayang di kelas VII B SMPN 1 SIMAN PONOROGO (2) mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran menggunakan media wayang dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti kelas VII B SMPN 1 SIMAN PONOROGO tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan 3 siklus penelitian yang dibagi menjadi 4 tahapan tahapan penelitian tindakan kelas.pada Penelitian ini, data diambil langsung oleh obsever, melalui lembar observasi.
Peneliti dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahapan untuk mencapai tujuan penelitian. Tahapan tersebut terdiri dari tahapan pernecanaan (Planing), tahapan tindakan (acting), tahapan observasi (observing), dan tahapan refleksi (reflecting).. Peningkatan pemahaman siswa pada kelas VIIB SMPN 1 Siman Ponorogo pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kearah yang lebih baik, hal ini dibuktikkan dengan hasil belajar yang meningkat dari sebelumnya.
Hal ini dibuktikan dengan keaktifan siswa kategori kurang siklus I sebesar 3,5%,siklus II sebesar 0% dan siklus III sebesar 0 %. Sedangkan untuk kategori cukup siklus I sebesar 42,9% siklus II sebesar 0 % dan siklus III sebesar 0%. Sedangkan untuk kategori baik siklus I sebesar 46,5% siklus II sebesar 75% dan siklus III sebesar 21,42%. Sedangkan untuk kategori sangat baik siklus I sebesar 7,1% siklus II sebear 25% dan siklus III sebesar 78,58%. Sementara untuk hasil belajar siswa untuk kategori tidk tuntas siklus I sebesar 67,85% siklus II sebesar 50% dan III sebesar 7,15%. Sedangkan untuk kategori tuntas siklus I sebesar 32,15% siklus II sebesar 50 % dan siklus III sebesar 92,85%. Dari prosentase tersebut, dapat dilihat dari siklus I sampai dengan siklus III kegiatan pemebelajaran, keaktifan dan juga hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media wayang dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:28
Last Modified: 02 Jun 2021 02:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14463

Actions (login required)

View Item View Item