Nilai-Nilai Moral dalam Animasi Kartun Nussa serta Relevansinya pada Buku Ajar Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah

Nurfitriana, Ika (2021) Nilai-Nilai Moral dalam Animasi Kartun Nussa serta Relevansinya pada Buku Ajar Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_210617041_Ika Nurfitriana.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nurfitriana, Ika. 2021. Nilai-Nilai Moral dalam Animasi Kartun Nussa serta Relevansinya pada Buku Ajar Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai Moral, Animasi Kartun Nussa dan Rara, Buku Ajar Akidah Akhlak di MI.

Era digital memberikan kemudahan, kenyamanan, dan kesenangan bagi manusia, memudahkan manusia untuk saling berkomunikasi. Namun, dengan adanya kemajuan itu juga memberikan dampak buruk akan kepekaan moral. Terlihat ada beberapa kesenjangan moral di lingkungan sekitar karena kurangnya perilaku pembiasaan mengenai moral, akhlak maupun karakter. Banyak peserta didik memanfaatkan kemudahan digital ini dengan menonton animasi kartun dan film tanpa mengetahui pesan yang dapat diambil setelah melihat animasi tersebut. Pada era ini, media massa memiliki damapak besar di antaranya pada animasi kartun. Salah satu animasi kartun yang dapat menunjukkan kehidupan bermoral yang berkaitan dengan buku ajar Akidah Akhlak di MI adalah Animasi kartun Nussa.
Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan nilai-nilai moral yang ada pada animasi kartun Nussa. (2) menjelaskan nilai-nilai moral dalam animasi kartun Nussa Jaga Amanah bagian 1 dan 2 serta relevansinya pada buku ajar Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Kemudian, data penelitian ini disusun menggunakan pendekatan library research (kepustakaan) dengan teknik analisis isi. Sumber data yang digunakan adalah episode Nussa Jaga Amanah bagian 1 dan 2. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi.
Berdasarkan analisis data pada animasi kartun Nussa episode Jaga Amanah bagian 1 dan 2 terdapat relevansi antara nilai moral dengan buku ajar Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. (1) Nilai moral jujur pada episode Jaga Amanah bagian 1 dan 2 yang tayang pada tanggal 16 dan 23 Oktober 2020 dijelaskan jika menemukan sesuatu haruslah menyampaikan dengan jujur. Relevansinya dengan buku ajar Akidah Akhlak kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah pada pembelajaran semester 2 bab 11 “ berkata baik, berperilaku jujur dan budaya antri”. (2) Nilai moral amanah pada episode Jaga Amanah bagian 1 yang tayang pada tanggal 16 Oktober 2020 dijelaskan ketika suatu saat dikasih pinjaman berupa apapun harus selalu menjaga kepercayaan dari orang yang sudah membantu. Relevansinya dengan buku ajar Akidah Akhlak kelas 4 Madrasah ibtidaiyah pada bab 4 “indahnya berperilaku Amanah” yang berisi tiga materi pokok, yaitu mengenal sifat amanah, perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari, hikmah berperilaku amanah. (3) Nilai moral tanggung jawab pada episode Jaga Amanah bagian 2 dijelaskan ketika menghilangkan sesuatu haruslah berusaha untuk segera mencarinya dan jika diberi amanat segeralah untuk disampaikan. Relevansinya dengan buku ajar Akidah Akhlak kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah bab 4 “Akhlak-ku” yang berisi tiga materi pokok salah satunya tanggung jawab. (4) Nilai moral pemaaf pada episode Jaga Amanah bagian 2 dijelaskan untuk selalu mejadi manusia yang pemaaf karena hidup itu pada dasarnya saling maaf dan memaafkan. Relevansinya dengan buku ajar Akidah Akhlak kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah bab 4 “Akhlak-ku” yang berisi tiga materi pokok salah satunya pemaaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:27
Last Modified: 02 Jun 2021 02:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14462

Actions (login required)

View Item View Item