Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus di MIN 7 Ponorogo)

Ambaryuni, Ria (2021) Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus di MIN 7 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOAD ETHESES 210617072 RIA AMBARYUNI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi covid-19 telah mewabah di seluruh belahan bumi. Berbagai usaha telah dilakukan pemerintah untuk menekan angka penyebaran covid-19, di antaranya dengan melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dampak dari pemberlakuan PSBB ini Kemendikbud mengeluarkan surat edaran terkait pemenuhan hak terhadap peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan maka pembelajaran dilakukan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). PJJ ini hampir mengharuskan siswa untuk selalu belajar di rumah. Pada awalnya siswa merasa senang, namun lama-kelamaan muncul kejenuhan yang membuat siswa kurang bersemangat dalam belajar. Sebagai orang tua kedua bagi siswa, wali kelas memiliki peran penting untuk meningkatkan minat belajar siswa. Di MIN 7 Ponorogo misalnya, merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang melaksanakan PJJ, sekolah ini pun telah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan minat belajar siswanya, upaya ini dirasa cukup efektif untuk meningkatkan semangat belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kegiatan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh siswa kelas IV MIN 7 Ponorogo pada masa pandemi covid-19, (2) mendeskripsikan minat belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh siswa kelas IV di MIN 7 Ponorogo pada masa pandemi covid-19, dan (3) untuk mendeskripsikan peran wali kelas untuk meningkatkan minat belajar dalam pembelajaran jarak jauh siswa kelas IV MIN 7 Ponorogo pada masa pandemi covid-19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada saat meneliti yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data diketahui bahwa (1) pembelajaran jarak jauh di MIN 7 Ponorogo dilakukan dengan cara pembelajaran dalam jaringan (daring) dan pembelajaran luar jaringan (luring). Pembelajaran daring dilaksanakan setiap hari senin-sabtu, sedangkan pembelajaran luring dilaksanakan tiga kali pertemuan dalam satu bulan. (2) pada saat pembelajaran daring minat belajar siswa sangat baik, namun lama-lama kelamaan menurun. Menurunnya minat belajar siswa ini disebabkan oleh rasa bosan dan juga fasilitas yang dibutuhkan siswa, dan (3) dalam melaksanakan tugasnya, wali kelas melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan minat belajar siswanya dengan cara melakukan kegiatan kelompok belajar, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, pemberian motivasi, pemberian nilai, pemberian evaluasi, pemberian pujian, pemberian tugas yang tidak terlalu berat dan pemberian tugas dalam bentuk karya. Peran wali kelas ini sangat mendukung untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:26
Last Modified: 02 Jun 2021 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14461

Actions (login required)

View Item View Item