..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas X TBSM SMK PGRI 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Fadilah, Heni (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas X TBSM SMK PGRI 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317069 Heni Fadilah SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fadilah, Heni. 2021. Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas X TBSM SMK PGRI 2 PONOROGO Tahun Ajaran 2020/2021 Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I
Kata Kunci : Penggunaan Teknologi Informasi, Kompetensi Sosial Guru dan Motivasi Belajar
Guru adalah salah satu komponen pendidikan yang berperan aktif dalam suatu kegiatan belajar mengajar. Guru harus mampu menguasai segala strategi dalam mengajar, guru harus bisa menguasai penggunaan teknologi informasi, karena dalam era sekarang ini pendidikan jauh lebih maju. Tak lepas dari hal itu, seorang guru harus bisa menanamkan suatu sikap sosial yang baik, karena guru adalah seseorang yang harus digugu dan ditiru. Jika seorang guru dapat melakukan semua hal itu bisa dipastikan bahwa motivasi belajar siswa akan meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X TBSM SMK PGRI 2 Ponorogo mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti (2) adanya pengaruh kompentensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X TBSM SMK PGRI 2 Ponorogo mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti (3) adanya pengaruh penggunaan teknologi informasi kompentensi sosial guru motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X TBSM SMK PGRI 2 Ponorogo
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas X TBSM SMK PGRI 2 Ponorogo yang berjumlah 75 siswa, dengan mengambil sampel seluruhnya yaitu 75 responden. Pengumpulan data melalui angket (google form). Teknik analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh secara signifikan penggunaan teknologi informasi terhadap motivasi belajar siswa sebesar 18,3% sedangkan 81,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. (2) Ada pengaruh secara signifikan kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 26,2% sedangkan 73,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. (3) Ada pengaruh secara signifikan penggunaan teknologi informasi dan kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 30,9% dan sisanya sebesar 68,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:40
Last Modified: 02 Jun 2021 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14458

Actions (login required)

View Item View Item