Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Google Earth Tehadap Hasil Belajar IPS Terpadu Pada Materi Letak Negara- Negara ASEAN Siswa MTs

Fajriana, Winda (2021) Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Google Earth Tehadap Hasil Belajar IPS Terpadu Pada Materi Letak Negara- Negara ASEAN Siswa MTs. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211417012_WINDA FAJRIANA_T.IPS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Fajriana, Winda. 2021. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Google Earth
Tehadap Hasil Belajar IPS Terpadu Pada Materi Letak Negara- Negara ASEAN Siswa
MTs. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururuan Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan
Sosial Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Risma Dwi Arisona, M. Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pemanfaatan Media Visual, Media Google Earth, Hasil
Belajar.
Pada penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang
cocok diterapkan pada pelajaran IPS Terpadu pada KD materi letak negara-negara ASEAN.
Selain itu juga dikarenakan penggunaan bahan ajar yang hanya menggunakan LKS. Sehingga dari
hal tersebut siswa merasa kurang tertarik dalam pembelajaran pada materi letak negara-negara
ASEAN. Hal tersebut dapat mengakibatkan hasil belajar mereka menjadi rendah dan tidak
maksimal. Hal ini dapat dilihat saat siswa setelah melakukan ulangan harian pada KD letak
Negara ASEAN, banyak siswa yang nilainya kurang dari KKM dan harus melakukan remedial
untuk memperbaiki nilai mereka yang kurang baik. Berdasarkan hal tersebut penelitian dengan
pemanfaatan media visual google earth penting dilakukan karena google earth sendiri adalah
media yang menampilkan bentuk, letak, posisi, serta batas wilayah semua Negara secara lebih
detail dan nyata sehingga cocok diterapkan pada materi letak negara-negara ASEAN karena
materi ini membahas seputar letak, posisi, dan batas Negara ASEAN. Sehingga diharapkan bisa
mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VIII MTs Mu’allimin Mu’allimat Al-Islamiyah
Gonggang pada pelajar IPS Terpadu KD materi letak negara-negara ASEAN menjadi lebih baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media
pembelajaran visual google earth tehadap hasil belajar IPS Terpadu pada materi letak negara-
negara ASEAN siswa MTs.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang dirancang dalam
bentuk quasi experiment dengan desain nonequeivalent control group design. Perlakuan dalam
penelitian ini adalah penerapan penggunaan media visual google earth pada kelas eksperimen dan
penerapan penggunaan media visual peta pada kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII MTs MMA Gonggang yang berjumlah 36 siswa dan sampelnya adalah
siswa kelas VIII A dan VIII B yang masing-masing kelas berjumlah 18 anak. Instrument tes hasil
belajar berupa soal yang berjumlahkan 25 soal yaitu 20 soal pilihan ganda dan 5 soal esai.
Pengumpulan data dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Data gain score dianalisis dengan
menggunakan Uji Independent Sample T-Test dengan bantuan komputer program SPSS Versi 23.
Hasil penelitian dari rumusan masalah ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan
pemanfaatan media visual google earth pada materi letak Negara-negara ASEAN terhadap hasil
belajar IPS Terpadu siswa MTs. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata gain score yang diperoleh
kelas eksperimen lebih tinggi (18,6) daripada kelas kontrol (7,23), hasil analisis uji Independent
Sample T-Test, diperoleh nilai p-level 0.000. Nilai p-level tersebut lebih kecil dari 0.05 (p<0.05).
Selain itu berdasarkan uji R Square terdapat presentase pengaruh sebesar 72,4%

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:38
Last Modified: 02 Jun 2021 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14455

Actions (login required)

View Item View Item