.. LEMBAR KEASLIAN TULISAN DAN PESETUJUAN PUBLIKASI BELUM DITANDA TANGANI....Implementasi Metode Habituasi Dan Kebijakan Dalam Menegakkan Karakter Disiplin Siswa SMK PGRI II Ponorogo

Wafik, Wafik (2021) .. LEMBAR KEASLIAN TULISAN DAN PESETUJUAN PUBLIKASI BELUM DITANDA TANGANI....Implementasi Metode Habituasi Dan Kebijakan Dalam Menegakkan Karakter Disiplin Siswa SMK PGRI II Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317415_WAFIK_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wafik. 2021. Implementasi Metode Habituasi Dan Kebijakan Dalam Menegakkan Karakter Disiplin Siswa SMK PGRI II Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M. Pd. I.
Kata Kunci: Habituasi, Kebijakan, Karakter Disiplin.
Karakter disiplin merupakan suatu hal penting untuk dimiliki oleh manusia, apalagi seorang siswa. Karakter disiplin ini sangatlah penting untuk diterapkan disekolah-sekolah. Agar nantinya siswa sebagai penerus bangsa ini memiliki karakter yang baik, disiplin, sopan, santun, bertanggungjawab, adil, dan beradab. Tentunya, pengembangan karakter disiplin ini tak lepas dari peran seorang guru yang mendidik anak muridnya dengan baik, agar nantinya para peserta didik memiliki akhlak/karakter yang baik. SMK PGRI II Ponorogo merupakan salah satu sekolah di Ponorogo yang terkenal dengan kedisiplinannya. Tentunya sekolah ini memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan sekolah-sekolah pada umumnya. Di SMK PGRI II Ponorogo ini banyak sekali peraturan-peraturan dan pembiasaan yang dibuat oleh pihak SMK guna untuk menegakkan kedisiplinan siswa dan siswinya. Beberapa bentuk kedisiplinan yang ditekankan disini yaitu disiplin belajar, disiplin beribadah, disiplin waktu, disiplin dalam berpakaian, disiplin dalam bertegur sapa, disiplin dalam menjalankan tugas. Beberapa bentuk kedisiplinan tersbut tentunya ditekankan dan dibentuk dengan menggunakan cara atau metode pembiasaan dan kebijakan yang tentunya hal itu menjadi rutin dilakukan guna membentuk karakter siswa agar memiliki karakter yang disiplin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Karakter Disiplin apa saja dan bagaimana karakter disiplin yang ada di SMK PGRI II Ponorogo. (2) Mengetahui perencanaan apa saja yang dilakukan dalam menegakkan karakter disiplin siswa dengan menggunakan Metode Habituasi dan Intervensi di SMK PGRI II Ponorogo. (3) Mengetahui dampak dari pelaksanaan penegakan kedisiplinan siswa dengan menggunakan metode habituasi dan intervensi terhadap kedisiplinan siswa di SMK PGRI II Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi. Sedangkan teknik analisis data melalui proses reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Karakter disiplin yang dapat ditemukan di SMK PGRI II Ponorogo ialah disiplin belajar, disiplin beribadah, disiplin waktu, disiplin dalam berpakaian, disiplin dalam bertegur sapa, disiplin dalam menjalankan tugas, dll. (2) Perencanaan penegakan karakter di SMK PGRI II Ponorogo yaitu dengan membentuk beberapa kegiatan yang gunanya khusus untuk membentuk karakter siswa, kemudian dengan menegakkan kedisiplin dengan menggunakan beberapa pembiasaan dan kebijakan yang dibuat oleh sekolah, kemudian membentuk dan menekankan beberapa bentuk kedisiplinan siswa yaitu disiplin belajar, disiplin beribadah, disiplin waktu, disiplin dalam berpakaian, disiplin dalam bertegur sapa, disiplin dalam menjalankan tugas. (3) Dampak dari penegakan karakter siswa dengan menggunakan metode pembiasaan dan kebijakan yaitu berdampak pada keseharian siswa pada saat disekolah dan pada saat di luar sekolah. Dengan beberapa kedisiplinan yang ditekankan di sekolah, seiring berjalan waktu siswa akan terbiasa dan dampaknya akan terasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:20
Last Modified: 02 Jun 2021 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14448

Actions (login required)

View Item View Item