Implementasi Metode Kauny Quantum Memory untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Juz 30 pada Santri di TPA Darunnajah Jurug Sooko Ponorogo

Asterisk, Conny Alif (2021) Implementasi Metode Kauny Quantum Memory untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Juz 30 pada Santri di TPA Darunnajah Jurug Sooko Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317250_CONNY ALIF ASTERISK_SKRIPSI.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Asterisk, Conny Alif. 2021. “Implementasi Metode Kauny Quantum Memory untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Juz 30 pada Santri di TPA Darunnajah Jurug Sooko Ponorogo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Safiruddin Al Baqi, MA.

Kata Kunci: Kauny Quantum Memory, Kemampuan, Menghafal juz 30

Metode Kauny Quantum Memory merupakan suatu metode yang baru dalam kaitannya dengan hafalan. Metode ini menawarkan kemudahan dalam menghafalkan Al-Quran. Metode Kauny Quantum Memory ini merupakan suatu metode hafalan degan menggunakan gerakan dan mengoptimalkan otak kanan. kemampuan santri dalam menghafal selama ini yang masih belum bersemangat, sering merasa bosan saat menghafal, dan hafalan yang mudah lupa menjadi sebuah permasalahan. Proses hafalan tersebut menjadi tidak maksimal serta kemampuan santri dalam menghafal yang rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan menghafal juz 30 santri sebelum menggunakan metode Kauny Quantum Memory. (2) untuk mengetahui penerapan metode Kauny Quantum Memory pada santri dalam meningkatkan kemampuan menghafal juz 30 di TPA Darunnajah Jurug Sooko Ponorogo. (3) untuk mengetahui dampak penerapan Metode Kauny Quantum Memory dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an juz 30 pada santri TPA Darunnajah Jurug Sooko Ponorogo.
Peneliti merancang penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terdapat 2 ustadzah dan 5 santri yang dijadikan sebagai subjek dalam penelitian ini. Peneliti memilih TPA Darunnajah sebagai temat penelitian dikarenakan lembaga ini memllliki program unggulan yang berbeda dari TPA yang lainnya yaitu berua hafalan serta penggunaan metodenya yang berbeda dari teknik hafalan pada umumnya, sehingga kualitas hafalan santri juga berbeda.
Berdasarkan data yang ditemukan oleh peneliti di lapangan, ditemukan bahwa; (1) santri memiliki kemampuan menghafal yang sangat baik sebelum menggunakan metode Kauny Quantum Memory, (2) metode Kauny Quantum Memory yang dilaksanakan di TPA Darunnajah menggunakan teknik visualisasi dan baby reading. Proses hafalannya juga dilaksanakan dengan suasana yang nyaman dan santai. Hafalan yang dilakukan dimulai dari surat-surat pendek dan dilakukan secara berulang sehingga santri lebih mudah menghafal dan mengingat, (3) kemampuan menghafal santri setelah menggunakan metode Kauny Quantum Memory dalam menghafal Al-Qurn Juz 30 diantaranya adalah sebagai berikut; (a) santri dapat mengetahui arti atau makna dari surat yang dihafalkan dengan menyimbolkan dalam bentuk gerakan, (b) santri merasa nyaman saat menghafalkan dengan metode Kauny Quantum Memory. Namun demikian, penggunaan metode ini tidak seluruhnya disukai oleh santri di TPA Darunnajah. Terdapat santri yang lebih menyukai metode hafalan yang lain dibanding dengan metode Kauny Quantum Memory.
Saran bagi pegelola TPA Darunnajah yaitu diharapkan agar meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran. Bagi ustadzah diharapkan agar dapat lebih meningkatkan variasi motode menghafal guna menunjang penggunaan metode Kauny Quantum Memory,. Bagi santri diharapkan agar lebih meningkatkan semangatnya dalam menghafal Al-Quran. Sedangkan saran untuk peneliti selanjutnya yaitu lebih mengkaji lagi mengenai teori metode Kauny Quantum Memory agar dalam penelitiannya bisa lebih baik lagi dan lebih lengkap lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Safiruddin Al Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:32
Last Modified: 02 Jun 2021 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14445

Actions (login required)

View Item View Item