Upaya Penanaman Nilai-nilai Spiritual Keagamaan melalui Kegiatan Rutinan Zikir Ratib Al-Haddad dalam Membentuk Akhlak Santri di Pondok Pesantren Assyafi'iyah Durisawo Ponorogo

Pramudita, Eka (2021) Upaya Penanaman Nilai-nilai Spiritual Keagamaan melalui Kegiatan Rutinan Zikir Ratib Al-Haddad dalam Membentuk Akhlak Santri di Pondok Pesantren Assyafi'iyah Durisawo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317219 EKA PRAMUDITA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pramudita, Eka. 2021. Upaya Penanaman Nilai-nilai Spiritual Keagamaan melalui Kegiatan Rutinan Zikir Ratib Al-Haddad dalam Membentuk Akhlak Santri di Pondok Pesantren Assyafi’iyah Durisawo Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Drs.Waris, M.Pd.

Kata Kunci: Nilai-nilai Spiritual Keagamaan, Ratib Al-Haddad, Akhlak
Pembentukan dan pembinaan akhlak, saat ini menjadi sesuatu yang penting untuk dilakukan. Salah satunya dengan cara menanamkan nilai-nilai spiritual keagamaan, yang pada dasarnya berfungsi untuk memelihara dan mengendalikan akhlak manusia. Untuk membentengi santri-santrinya dari persoalan terkait dengan akhlak, maka Pondok Pesantren Assyafi’iyah Durisawo Ponorogo terus berupaya membina dan membentuk akhlak santri dengan berbagai metode, salah satunya dengan menanamkan nilai-nilai spiritual keagamaan melalui kegiatan rutinan zikir Ratib Al-Haddad.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan rutinan zikir Ratib Al-Haddad di Pondok Pesantren Assyafi’iyah Durisawo Ponorogo, (2) Untuk mengetahui nilai-nilai spiritual keagamaan yang ditanamkan melalui kegiatan rutinan zikir Ratib Al-Haddad dalam membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Assyafi’iyah Durisawo Ponorogo, (3) Untuk mengetahui dampak kegiatan rutinan zikir Ratib Al-Haddad terhadap akhlak santri di Pondok Pesantren Assyafi’iyah Durisawo Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pada analisis data menggunakan konsep Miles dan Hubermant yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasilnya yaitu: (1) Pelaksanaan kegiatan rutinan zikir Ratib Al-Haddad berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Kegiatan rutinan zikir Ratib Al-Haddad merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh santri. Para santri sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. (2) Nilai-nilai spiritual keagamaan yang dapat ditanamkan melalui kegiatan rutinan zikir Ratib Al-Haddad antara lain: nilai keimanan, ketakwaan, rasa tanggung jawab, disiplin, nilai kepemimpinan, kesucian diri, nilai akhlak, serta keistiqomahan dalam beribadah. (3) Dampak dari kegiatan rutinan zikir Ratib Al-Haddad cukup memberikan hasil yang positif dalam pembentukan akhlak santri. Hal tersebut terbukti dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan pengasuh, pengurus dan santri. Perubahan tersebut mengarah pada nilai positif dalam pembentukan akhlak santri diantaranya yaitu kedisiplinan santri, ketaatan santri, menjadikan santri sebagai pribadi yang bertanggung jawab, sifat penyabar, keimanan santri, ketakwaan santri, serta menjadikan santri lebih mudah ditata dan dikendalikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: WARIS
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:30
Last Modified: 02 Jun 2021 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14443

Actions (login required)

View Item View Item