PERAN PELATIH DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SABAR DAN DISIPLIN MAHASISWA (Studi Kasus PSHT Komisariat IAIN Ponorogo)

Umarudin, Tablig (2021) PERAN PELATIH DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SABAR DAN DISIPLIN MAHASISWA (Studi Kasus PSHT Komisariat IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317297_TABLIG UMARUDIN_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Umarudin, Tablig. 2021. Peran Pelatih Dalam Menumbuhkan Sikap Sabar dan Disiplin Mahasiswa (Studi Kasus PSHT Komisariat IAIN Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag
Kata Kunci : Peran Pelatih, Sikap Sabar, Sikap Disiplin
Masih banyak pelajar atau mahasiswa yang akhlak dan karakternya masih kurang seperti akhlak sabar dan karakter disiplin, serta banyak oknum yang mencoret nama baik pencak silat dengan melakukan hal-hal tercela seperti tawuran dan konvoi dijalan. Hal tersebut diakibatkan oleh minimnya penanaman pendidikan akhlak sabar dan karakter disiplin yang kokoh dalam diri siswa. Pendidikan akhlak dan karakter khususnya sabar dan disiplin ialah fasilitas yang berperan dalam menghasilkan manusia yang bermutu serta berpotensi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan peran pelatih dalam menumbuhkan sikap sabar pada mahasiswa melalui latihan PSHT Komisariat IAIN Ponorogo. (2) Menjelaskan peran pelatih dalam menumbuhkan sikap disiplin pada mahasiswa melalui latihan PSHT Komisariat IAIN Ponorogo. (3) Menjelaskan problematika dalam menumbuhkan sikap sabar dan sikap disiplin mahasiswa dalam latihan PSHT Komisariat IAIN Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah interview, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Peran pelatih dalam menumbuhkan sikap sabar melalui komunikasi persuasif dan koersif. Namun, dalam menumbuhkan sikap sabar lebih dominan menggunakan komunikasi persuasif. (2) Peran pelatih dalam menumbuhkan sikap disiplin melalui aturan dan adat yang ada dalam latihan, serta mendidik, membimbing, melatih siswa dengan konsisten melalui komunikasi persuasif dan koersif. Namun, dalam menumbuhkan sikap disiplin lebih dominan menggunakan komunikasi koersif. (3) Problematika yang dihadapi dalam menumbuhkan sikap sabar dan disiplin meliputi : (a) Dari sisi lembaga IAIN Ponorogo, meminta perubahan jadwal latihan yang semula malam hari menjadi siang hari. (b) Dari sisi pelatih, perbedaaan latar belakang siswa, sering emosi dan marah, rasa malas melatih karena warga yang datang sedikit. (c) Dari sisi waktu, waktu latihan yang semakin singkat namun materi yang kian banyak dan sulit, waktu yang bertabrakan dengan UKM/Intra lain, dan tidak ada waktu istirahat untuk siswa maupun pelatih setelah mengikuti kuliah daring. (d) Dari sisi siswa, niat yang tidak diimbangi dengan kesungguhan, semangat siswa dalam latihan yang kian pudar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:30
Last Modified: 02 Jun 2021 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14442

Actions (login required)

View Item View Item