..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR KEASLIAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...NILAI-NILAI TAUHID DALAM KITAB JAWĀHIRUL AL-KALĀMIYYAH KARYA SYEKH ṬOHIR BIN ṢOLEH AL-JAZĀIRY DAN RELEVANSINYA DALAM MATERI AKIDAH AKHLAK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH

Susetyaningrum, Evita Ratna (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR KEASLIAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...NILAI-NILAI TAUHID DALAM KITAB JAWĀHIRUL AL-KALĀMIYYAH KARYA SYEKH ṬOHIR BIN ṢOLEH AL-JAZĀIRY DAN RELEVANSINYA DALAM MATERI AKIDAH AKHLAK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Evita Ratna PGMI 210617199.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Susetyaingrum, Evita Ratna. Nilai-nilai Tauhid Dalam Kitab Jawāhirul Al-Kalāmiyyah karya Syekh Ṭōhir bin Ṣōliḥ Al-Jazāiry dan Relevansinya Dalam Materi Akidah Akhlak Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai-nilai Tauhid, Kitab Jawāhirul Al-Kalāmiyyah karya Syekh, Ṭōhir bin Ṣōliḥ Al-Jazāiry Akidah Akhlak.
Nilai-nilai tauhid merupakan nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran tauhid. Tauhid sendiri ialah ilmu yang mengajarkan Keesaan Allah Swt. Nilai-nilai tauhid penting untuk diajarkan kepada anak sejak dini, sebagai pedoman dan landasan dalam memahami ketauhidan itu sendiri. Dewasa ini, banyak terjadi kesalahan dalam memahami konsep dari ketauhidan, sehingga memunculkan penyelewengan yang tanpa disadari, akibat kesalahan tersebut. Contohnya adalah menggantungkan benda-benda di rumah, toko, atau dipakaikan pada anak dengan niat menolak bala‟ atau disebut dengan tamimah syirik. Oleh karena itu, penting untuk ditanamkan pedoman dan landasan tauhid yang kuat terhadap anak sejak dini, agar tidak salah memahami nilai-nilai tauhid tersebut. Salah satu media untuk menanamkan nilai-nilai tauhid dengan mudah ialah kitab Jawāhirul Al-Kalāmiyyah karya Syekh Ṭōhir bin Ṣōliḥ Al-Jazāiry. Dalam kitab ini Syekh Ṭōhir menggunakan metode tanya jawab, untuk menjelaskan nilai-nilai tauhid kepada mukallaf .
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan nilai-nilai tauhid yang terkandung dalam kitab Jawāhirul Al-Kalāmiyyah, (2) menjelaskan relevansi nilai-nilai tauhid dalam kitab Jawāhirul Al-Kalāmiyyah dengan materi Akidah Akhlak kelas IV Madrasah Ibtidaiyah.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan kajian pustaka (library research) dengan menggunkan teknik analisis isi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data-data dan sumber-sumber penelitian melalui kitab, buku, jurnal, dan artikel.
Dari analisis data ditemukan bahwa (1) nilai-nilai tauhid yang terkandung dalam kitab Jawāhirul Al-Kalāmiyyah yaitu berupa iman kepada Allah, iman kepada Malaikat, iman kepada Kitab-kitab Allah, iman kepada Rasul Allah, iman kepada Hari Akhir, iman kepada Qadla‟ dan Qadar. (2) nilai-nilai tauhid dalam kitab Jawāhirul Al-Kalāmiyyah memiliki relevansi dengan materi Akidah Akhlak Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah, diantara materi tersebut adalah Asmāʾul Al- Ḥusna, iman kepada Kitab-kitab Allah dan iman kepada Rasul Allah serta dilengkapi dengan akhlak terpuji yang dapat diambil dari sifat-sifat yang tercermin dari seorang Rasul.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Muklhas
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:19
Last Modified: 02 Jun 2021 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14437

Actions (login required)

View Item View Item