Peran Guru PAI dalam Membentuk Kesantunan Berbahasa Siswa melalui Pembiasaan Bahasa Jawa Krama di MA Nurul Mujtahidin MlaraK Ponorogo

Meilina, Rizka Ayu (2021) Peran Guru PAI dalam Membentuk Kesantunan Berbahasa Siswa melalui Pembiasaan Bahasa Jawa Krama di MA Nurul Mujtahidin MlaraK Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PERPUSTAKAAN 210317276 RIZKA AYU MEILINA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Meilina, Rizka Ayu. 2021. Peran Guru PAI dalam Membentuk Kesantunan Berbahasa Siswa melalui Pembiasan Bahasa Jawa Krama di MA Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Drs. Waris, M.Pd.
Kata Kunci : Peran Guru PAI, Kesantunan Berbahasa, Bahasa Krama.
Kesantunan merupakan aspek penting yang harus dimiliki setiap individu ketika berkomunikasi, dengan tujuan mempunyai tata krama yang bagus dan saling menghormati. Semakin meningkatnya bahasa gaul mengakibatkan hilangnya penggunaan bahasa yang baik dan kurangnya sopan santun, sehingga perlu adanya perhatian dari orang tua dan guru. Dalam dunia pendidikan guru adalah orang tua kedua bagi peserta didik, guru sebagai faktor utama dalam pendidikan adab anak, terlebih guru Pendidikan Agama Islam memegang peranan penting dalam pembentukan karakter salah satunya dalam hal kesantunan berbahasa. Seorang guru Pendidikan Agama Islam harus bisa memberikan teladan yang baik kepada peserta didiknya, salah satunya dengan membiasakan kepada siswa untuk menggunakan bahasa jawa krama, karena di dalam bahasa jawa menjunjung tinggi nilai kesantunan.
Penelitian ini bertujuan untuk. (1) mengetahui kesantunan berbahasa siswa di MA Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo. (2) mengetahui bentuk peran guru PAI dalam membentuk kesantunan berbahasa siswa melalui bahasa jawa krama di MA Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo. (3) mengetahui implikasi bahasa jawa krama terhadap kesantunan berbahasa siswa di MA Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) kesantunan berbahasa siswa di MA Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo menunjukkan sikap yang santun, baik dari segi bahasa maupun perilaku. Seperti tidak meninggikan suara ketika berbicara dengan guru, sedikit membungkukkan badan saat berbicara dengan guru dan menyapa guru ketika bertemu guru. (2) bentuk peran guru PAI dalam membentuk kesantunan berbahasa siswa melalui bahasa jawa krama di MA Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo dengan cara memberikan contoh atau peneladanan dan melalukan pembiasaan kepada siswa untuk menggunakan bahasa jawa krama. (3) implikasi bahasa jawa krama terhadap kesantunan berbahasa siswa di MA Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo siswa tahu akan tata krama, menghormati gurunya, memperhatikan unggah-ungguh ketika berbicara, mempunyai sikap santun saat berkomunikasi, berbicara tidak menggunakan suara yang keras, dan menjaga sopan santun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:07
Last Modified: 02 Jun 2021 02:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14425

Actions (login required)

View Item View Item