Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Dan Membaca Juz Amma Pada Kelas XI SMAN 1 Sambit

Zain, Fella Sulfa (2021) Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Dan Membaca Juz Amma Pada Kelas XI SMAN 1 Sambit. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317095_FELLA SULFA ZAIN_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya dalam membantu perkembangan jiwa menuju kearah pribadi yang lebih baik. Permasalahan terkait karakter peserta didik seyogyanya menjadi perhatian serius bagi lembaga pendidikan. Di SMAN 1 Sambit Ponorogo perilaku peserta didik saat ini banyak terfokus pada gedgetnya, sehingga mereka kurang ketrampilan dalam membaca al-Qur’an. Dari banyaknya kegiatan positif untuk membentuk karakter peserta didik SMAN 1 Sambit Ponorogo, peneliti lebih tertarik dengan kegiatan pembiasaan shalat dhuha dan membaca juz amma. Karena dengan adanya pembiasaan religius ini diharapkan dapat membentuk karakter peserta didik yang berjiwa Qur’ani, dapat mencegah perbuatan keji maupun mungkar, serta dapat membentuk insan kamil.
Tujuan dari penelitian ini ialah (1) untuk mengetahui implementasi pembiasaan shalat dhuha dan membaca juz amma, (2) untuk mengetahui implikasi shalat dhuha dan membaca juz amma terhadap karakter religius siswa.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yang dilakukan di SMAN 1 Sambit Ponorogo. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber data diperoleh dari para informan yang dianggap mengetahui terkait karakter religius siswa melalui pembiasaan shalat dhuha dan membaca juz amma. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) dalam implementasi shalat dhuha dan membaca juz amma terdapat hambatan yang berasal dari keluarga serta berasal dari kesadaran peserta didik. Adapun faktor pendukungnya merupakan usaha guru PAI dengan memberika pengertian akan pentingnya ibadah serta memberikan motivasi terkait keutamaan dari pelaksanaan shalat dhuha maupun membaca juz amma. (2) Implikasi shalat dhuha dan membaca juz amma terhadap karakter peserta didik ialah dapat meningkatkan kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, serta membentuk akhlak peserta didik terhadap sesama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:02
Last Modified: 02 Jun 2021 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14421

Actions (login required)

View Item View Item