Pembentukan Religiusitas Siswi dalam Kegiatan Rutin Ahad Kliwon di Madrasah Aliyah Putri Ma'arif Ponorogo

Alfiana, May Monica (2021) Pembentukan Religiusitas Siswi dalam Kegiatan Rutin Ahad Kliwon di Madrasah Aliyah Putri Ma'arif Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAY MONICA ALFIANA 210317040.PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Alfiana, May Monica. 2021. Pembentukan Religiusitas Siswi dalam Kegiatan Rutin Ahad Kliwon di Madrasah Aliyah Putri Ma’arif Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Sugiyar, M.Pd.I.
Kata Kunci : Religius, Ahad Kliwon
Manusia harus memiliki religiusitas yang baik dalam dirinya, karena sikap religius adalah sebagai pedoman dan dasar dalam keberlangsungan hidupnya terutama pada pelajar. Pelajar harus berbekal sikap religius yang baik untuk berperilaku dan menghadapi kehidupan di masyarakat kelak. Madrasah pastinya menginginkan siswinya memiliki sikap yang baik sehingga banyak program-program penunjang yang madrasah berikan untuk meminimalisir penyimpangan begitupun di Madrasah Aliyah Putri Ma’arif, namun hal tersebut masih terdapat kedisiplinan yang longgar, sehingga Madrasah Aliyah Putri Ma’arif memiliki sebuah kegiatan yaitu kegiatan rutin Ahad Kliwon sebagai upaya untuk pembentukan religiusitas yaitu kegiatan rutin Ahad Kliwon.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan rutin Ahad Kliwon dalam pembentukan religiusitas siswi di MA. Putri Ma’arif Ponorogo, serta untuk mendeskripsikan dampak kegiatan rutin Ahad Kliwon pada pembentukan religiusitas siswi di MA. Putri Ma’arif Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala madrasah, guru pembina dan siswi MA Putri Ma’arif Ponorogo. Dalam teknik pengumpulan data Peneliti menggunkan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data Peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang dilengkapi dengan teknik pengkodean.
Adapun hasil dari Penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan kegiatan rutin Ahad Kliwon dalam pembentukan sikap religius siswi di MA Putri Ma’arif Ponorogo, Kegiatan ini dilaksanakan pada setiap Hari Ahad Kliwon ukul 09.00 WIB, dihandle oleh Pengurus Taklim dengan rangkaian kegiatan diantaranya shalat-shalat sunnah yaitu Shalat Dhuha, Shalat Mutlak Li At-Taubah, Shalat Hajat, Pembacaan Ratibu Al-Hadad, Kajian kitab Hujjah Ahlussunnah Waljamaah yang disampaikan oleh Guru Pembina, Khatmil Qur’an, Shalawat dengan diiringi tabuhan rebana oleh siswi, Shalat Dhuhur berjamaah, dan tasyakuran dengan konsumsi dari kelas yang mendapatkan jadwal untuk membawa makanan. (2) Dampak kegiatan rutin Ahad Kliwon pada pembentukan sikap religius siswi MA Putri Ma’arif Ponorogo sudah cukup baik terlihat dari terlaksananya keseluruhan dimensi-dimensi dari religiusitas yaitu dimensi keyakinan, dimensi syariah, dimensi pengalaman, dimensi pengetahuan, dan dimensi pengamalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 01:59
Last Modified: 02 Jun 2021 01:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14418

Actions (login required)

View Item View Item