(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Konsep Reward Dan Punishment Dalam Mendidik Anak Di Lingkungan Keluarga Menurut Perspektif Pendidikan Islam

Yuliarti, Lia (2021) (LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Konsep Reward Dan Punishment Dalam Mendidik Anak Di Lingkungan Keluarga Menurut Perspektif Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316177_LIA YULIARTI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yuliarti, Lia. 2021. Konsep Reward dan Punishment Dalam Mendidik Anak Di Lingkungan Keluarga Menurut Perspektif Pendidikan Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I.

Kata Kunci :Reward dan punishment, Mendidik anak, Pendidikan Islam
Reward dan punishment merupakan metode yang dapat diterapkan dalam mendidik anak, baik diberikan oleh guru maupun orang tua. Reward atau penghargaan adalah reaksi pendidikan atas perbuatan baik yang telah dilakukan anak didik. Reward yang diberikan bersifat menyenangkan perasaan sehingga menimbulkan keinginan dalam diri anak untuk melakukan hal baik dan lebih baik lagi di masa yang akan datang, tetapi jangan sampai menebalkan sifat materalisnya. Berbeda dengan kebalikannya, punishment merupakan sanksi yang diberikan kepada anak ketika melakukan kesalahan. Dalam pendidikan Islam pemberian hukuman secara positif, tidak lain karena ingin memberikan edukasi yang benar terhadap anak supaya sadar dan bertanggung jawab atas apa yang diperbuatnya, serta tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama. Keluarga merupakan lingkungan pertama tempat anak menerima prinsif-prinsif reward dan punishment. Kalau orang tua atau pendidik mengetahui dan memahami bahwa tujuan dari pemberian punishment itu adalah untuk memperbaiki anak bukan untuk menghakiminya, sedangkan reward penghargaan adalah reaksi pendidikan atas perbuatan baik yang telah dilakukan anak didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konsep Reward dan punishment dalam Mendidik Anak Dilingkungan Keluarga Menurut Perspektif Pendidikan Islam. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1) Bagaimana konsep reward dan punishmen dalam mendidik anak di lingkungan keluarga menurut perspektif pendidikan Islam. 2) Bagaimana menerapkan konsep reward dan punishment tersebut dalam mendidik anak di lingkungan keluarga.
Agar menemukan jawaban dari pertanyaan di atas penulis melakukan penelitian menggunakan pendekatan penelitian (Library research ) atau biasa disebut dengan penelitian telaah pustaka. Sumber data yang diperoleh untuk penelitian library research ini dapat berupa jurnal penelitian, disertasi, tesis, skripsi, laporan penelitian, buku teks, makalah, laporan seminar, dan atau terbitan-terbitan resmi pemerintah atau lembaga lain. Referensi tersebut kemudian diolah dengan menggunakan metode analisis isi yang bertujuan untuk mendapatkan inti dari data dan informasi kemudian dianalisis dengan model berfikir deduktif, yakni berangkat dari teori umum untuk menemukan kesimpulan yang bersifat aplikatif.
Adapun temuan dalam penelitian sebagai berikut 1) konsep Reward dan punishment dalam mendidik anak di lingkungan keluarga yaitu pemberian Reward dan punishment dalam mendidik anak yaitu sebagai berikut Pemberian hadiah harus ada batasannya, Pemberian hadiah harus di musyawarahkan dan hukuman di stantadkan pada perilaku, dan menghukum tanpa emosi.Maka diharapkan anak akan termotivasi dengan diberikan Reward dan punishment untuk Melakukan perilaku yang baik dalam memberikan punishment kepada anak, orang tua harus meletakkan punishment itu pada proporsi yang sebenarnya, seperti juga meletakkan sikap ramah tamah, lemah lembut pada tempat yang benar. 2) Menerapkan reward dan punishment dalam mendidik anak dilingkungan keluarga menurut perspektif penddikan Islam Menurut prespektif pendidikan Islam mengenai adanya reward agar menyayangi amak didik, berperilaku lemah lembut, dan memberikan nasihat yang tulus kepada anak didik. Sedangkan adanya punishmentitu dengan hukuman atau pukulan yang diberikan kepada anak ketika melakukan kesalahan. Namun, menetapkan berbagai syarat supaya pukulan tersebut tidak melenceng dari tujuan preventif (pencegahan dari hal yang burukyang mungkin dapat terjadi). Diharapkan kepada orang tua ketika Reward dan punishment diberikan pada anak itu agar mereka dapat merubah menjadi lebih baik. Reward dan punishment diterapkan dengan harapan anak akan bertambah baik.Diharapkan kepada orang tua agar bijaksana dalam mendidik anak serta menjadi contoh suri tauladan yang baik pada anak tetap berlandasan pada al-Qur’an dan Hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 01:54
Last Modified: 02 Jun 2021 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14408

Actions (login required)

View Item View Item