Optimalisasi Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di SMP Negeri 1 Tambakrejo Bojonegoro

Qomariyah, Siti Nurul (2021) Optimalisasi Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di SMP Negeri 1 Tambakrejo Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317031_SITI NURUL QOMARIYAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Siti Nurul Qomariyah. 2021. Optimalisasi Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMP Negeri 1 Tambakrejo Bojonegoro. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wahid Hariyanto, M.Pd.I
Kata Kunci: Optimalisasi, Peran Guru PAI, Karakter Religius.
Karakter religius merupakan sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, karakter religius sangat dibutuhkan oleh siswa dalam menghadapi perubahan zaman, seperti yang terjadi di SMP Negeri 1 Tambakrejo Bojonegoro banyak siswa yang tidak mengikuti sholat dhuha, dhuhur berjama’ah, sholat jum’at dan baca tulis al-Qur’an. berbicara tentang hal tersebut tentu tidak lepas dari upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan karakter religius siswa di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa. (2) Menganalisis kendala yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa. (3) Mendeskripsikan kontribusi peran guru PAI terhadap peningkatan karakter religius siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dengan mendeskripsikan hasil penelitian dan memaparkan data apa adanya sesuai hasil temuan di lapangan. Untuk memperoleh data atau informasi-informasi yang relevan dengan masalah yang dicari. Peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan ketekunan dan triangulasi. Adapun tahapan-tahapan penelitian menggunakan tahap pra-lapangan, pekerjaan lapangan dan tahap penulisan hasil laporan penelitian.
Dari hasil penelitian dapat ditemukan bahwa: (1) Upaya guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Tambakrejo Bojonegoro adalah dengan memberikan pemahaman kepada siswa dengan memaksimalkan peran guru sebagai demonstrator, guru juga mengupayakan pembiasaan kepada siswa dalam bentuk perbuatan-perbuatan dan peran yang dioptimalkan adalah peran guru sebagai pembimbing, selain itu guru juga mengupayakan keteladanan kepada siswa dan peran yang dioptimalkan adalah peran guru sebagai model dan sumber belajar. (2) Kendala yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Tambakrejo Bojonegoro terdiri dari dua hal yaitu kendala yang bersifat internal dan kendala yang bersifat eksternal. Kendala yang bersifat internal berasal dari siswa yang meliputi sifat kepribadian dan tabiat yang sudah dibawa sejak lahir. Kendala yang bersifat eksternal meliputi lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan, lingkungan pergaulan dan masyarakat. (3) Kontribusi peran guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Tambakrejo Bojonegoro yaitu dapat meningkatnya nilai ilahiyah dan nilai insaniyah. Nilai ilahiyah ditandai dengan meningkatnya keimanan, ketaqwaan, keikhlasan dan tawakal siswa. Dan juga meningkatnya nilai insaniyah siswa hal ini dapat diketahui dari siswa yang memiliki sifat sifat dapat dipercaya, rendah hati dan silaturahmi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 01:53
Last Modified: 02 Jun 2021 01:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14405

Actions (login required)

View Item View Item