..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN DISERTAI STEMPEL, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR KEASLIAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WASHOYA AL-ABAA’ LIL ABNAA’ KARYA SYEIKH MUHAMMAD SYAKIR DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X MADRASAH ALIYAH PADA KURIKULUM K-13

Lestari, Sri (2021) ..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN DISERTAI STEMPEL, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR KEASLIAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WASHOYA AL-ABAA’ LIL ABNAA’ KARYA SYEIKH MUHAMMAD SYAKIR DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X MADRASAH ALIYAH PADA KURIKULUM K-13. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Sri Lestari 210317166 PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lestari, Sri. 2021. Pendidikan Akhlak dalam Kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ Karya Syaikh Muhammad Syakir dan Relevansinya dengan Materi Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah pada Kurikulum K-13. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fery Diantoro, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’, Materi Akidah Akhlak
Seiring berkembangnya globalisasi yang ditandai dengan semakin pesatnya perubahan diberbagai bidang kehidupan, perubahan tersebut membawa dampak negatif dan positif terutama dalam pendidikan akhlak, banyaknya penyimpangan akhlak yang dilakukan oleh pelajar. Dalam menanganihal ini pendidik bisa menggunakan materi pelajaran yang ada untuk membantu pembentukan akhlak anak, seperti materi pelajaran akidah akhlak. Selain itu juga bisa dilakukan dengan mengkaji kitab-kitab kuno terdahulu salah satunya kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ Karya Syaikh Muhammad Syakir. Kitab yang berisi pendidikan akhlak yang harus dimiliki anak dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan akhlak dalam kitab Washoya, metode pendidikan akhlak dalam kitab Wahoya dan relevansi pendidikan akhlak dalam kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir dengan materi pelajaran Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah pada kurikulum k-13.
Peneliti menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis yaitu dengan penelitian library research. Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan, yaitu dengan mengkaji Kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir, buku akidah akhlak kelas X MA serta data-data sekunder lainnya yang sesuai dengan penelitian ini.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) Pendidikan Akhlak yang terkandung dalam Kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’, terbagi berdasarkan: (a) devinisi akhlak menurut Muhammad Syakir, (b) sumber akhlak yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis, (c) tujuan pendidikan akhlak yakni memperoleh ridho Allah, berkepribadian muslim, terhindar dari sifat tercela, (d) pembagian akhlak yang dilihat dari dua sudut pandang yakni sifat dan objek. (2) Metode pendidikan akhlak dalam kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’, terdiri dari: metode nasihat, metode ceramah, metode pemberian hadiah dan hukuman, metode diskusi, metode kisah dan metode perumpamaan, (3) Pendidikan akhlak dalam kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ relevan dengan materi pelajaran Akidah Akhlak kelas X Madrasah Aliyah. Materi yang relevan adalah sifat ‘iffah, syukur, sabar, hasad, takabur, adab terhadap orang tua dan adab terhadap guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 01:52
Last Modified: 02 Jun 2021 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14404

Actions (login required)

View Item View Item