..(GUNAKAN TTD ASLI NBUKAN SCAN PADA LEMBAR KEASLIAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Peran Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Dalam Meningkatkan Akhlak Anak Di Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo

Asialawati, Asialawati (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI NBUKAN SCAN PADA LEMBAR KEASLIAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Peran Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Dalam Meningkatkan Akhlak Anak Di Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317323 ASIALAWATI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM .pdf

Download (898kB) | Preview

Abstract

Asialawati. 2021. Peran Madrasah Diniyah Nurul Hidayah Dalam Meningkatkan Akhlak Anak di Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Erwin Yudi Prahara, M. Ag.

Kata Kunci: Madrasah Diniyah, Pendidikan Akhlak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesadaran akan pentingnya pendidikan akhlak bagi anak. Karena Madrasah Diniyah yang selama ini menjadi lembaga formal pesantren sangat membantu dalam memberikan pembentukan akhlak yang karimah yang sudah bagus. Oleh karena itu dengan itu dengan mengoptimalkan peran madrasah diniyah bisa mewujudkan akhlak karimah terhadap anak. Maka Peneliti mencoba untuk mengetahui: (1) Latar Belakang Peran Madrasah Diniyah Nurul Hidayah dalam Meningkatkan Akhlak Anak di Desa Paringan. (2) Program Madrasah Diniyah Nurul Hidayah dalam Meningkatkan Akhlak Anak di Desa Paringan. (3) Dampak Program Madrasah Diniyah Nurul Hidayah dalam Meningkatkan Akhlak Anak di Desa Paringan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan tiga tahap yaitu: tahap reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1)Pendidikan agama harus ditanamkan sejak dini dalam mewujudkan perubahan dalam aspek kehiduan khususnya akhlak anak di Desa Paringan. Oleh karena itu latar belakang berdirinya Madrasah Diniyah serta pembelajarannya yang menanamkan nilai-nilai keagamaan dan membentuk anak berakhlak sangat diperlukan dimasyarakat agar membentuk generasi mudah yang beriman dan bertaqwa kepada Allah dan berakhlak mulia. (2) Adapun kegiatan yang di laksanakan Madrasah Diniyah Nurul Hidayah yaitu: Praktik wudhu, Praktik Sholat, sorogan al-aqaur’an, berzanji, hafalan juz amma dan kaligrafi. Madrasah Diniyah Nurul Hidayah dalam sistem pembelajaran menggunakan sistem klasikal dimana anak-anak di bagi menjadi 4 kelas. (3) Dalam pelaksanaan kegiatan untuk meningkatkan akhlak anak yang di laksanakan Madasah Diniyah Nurul Hidayah tidak terjadi secara spontan, melainkan melalui proses yang berangsur-angsur dan perlahan, tetapi menunjukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Jun 2021 01:50
Last Modified: 02 Jun 2021 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14400

Actions (login required)

View Item View Item